Walikota Tidore Hadiri Rapat Bersama Gubernur dan KSBN Bicarakan Persiapan Expedisi Magellan

TIDORE KEPULAUAN – Walikota Tidore Kepulauan menghadiri Rapat Koordinasi (Rakora) tentang rencana pelaksanaan Peringatan 500 tahun Expedisi Magellan dan Penyelenggaraan Festival Seni dan Budaya Internasional yang dirangkaikan dengan Sail Tidore pada Tahun 2021. Rakor tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Dafam Ternate, Kamis (15/11) lalu.

Rakor itu membahas tentang pembentukan panitia pelaksana Penyelenggaraan Festival Seni dan Budaya Internasional dan Sail Tidore yang dimana melibatkan seluruh Kabupaten Kota yang ada di Maluku Utara.

Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba dalam pembicaraannya menyampaikan bahwa seluruh Kabupaten Kota di Maluku Utara harus mendukung dan berperan aktif dalam kegiatan ini selama kegiatan berlangsung, baik itu di Tidore maupun di Daerah lain yang telah ditentukan untuk dijadikan tempat kegiatan dimaksud.

Lewat kesempatan ini juga Walikota Tidore Kepulauan H. Ali Ibrahim, menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Ketua KSBN Hendarji Soepandji yang telah begitu banyak berbuat untuk Kota Tidore, dan tidak lupa juga untuk Pemprov Maluku Utara atas inisiatif pertemuan koordinasi ini.

Pada kesempatan ini Walikota memberikan pemaparan dan beberapa usulan yang menjadi harapan bagi kami Pemda Kota Tidore Kepualauan untuk ditindak lanjuti sebagai bagian yang penting dan mendesak terkait pelaksanaan Peringatan Sail Magelan-Tidore 2021, yakni 1). Meminta kepada Gubernur Maluku Utara agar Organisasai Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk membentuk kepanitiaan Sail Magelan Tidore 2021 sebagi dasar untuk mengusulkan Kepres Sail Magelan Tidore 2021 melalui Kementrian terkait di Jakrta, 2). Meminta Pemda Provinsi Maluku Utara untuk dapat memberikan dukungan pembiayaan melalui APBD Provinsi Tahun anggaran berjalan.

Sementara itu Ketua KSBN Hendarji Soepandji dalam pemaparannya menyebut Indonesia, khususnya Maluku Utara harus mempersiapkan diri untuk menyongsong rombongan tiga Kapal Ekspedisi 500 Tahun Napak Tilas Magelhaens yang akan melakukan kegiatan Circumnavigation yang di mulai dari Sevila (Spanyol) pada September 2019 dan berakhir di Tidore Maluku Utara pada November 2021. Karena itu, sebagai salah satu pemekarsa pendukung pehelatan ekspedisi laut Napak Tilas Magelhaens, Hendarji menilai Maluku Utara perlu melakukan berbagai agenda kegiatan untuk menyambut agenda akbar tersebut salah satunya yaitu menggelar penyelenggaraan Fetival Seni Budaya Internasional yang dirangkaiakn dengan Sail Tidore 2021.

Rapat ini kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan kerjasama (MoU) antara Komite Seni Budaya Nasional (KSBN) oleh Ketua KSBN Hendarji Soepandji  dengan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dalam hal ini Pemerintah Provinsi Maluku Utara untuk pengembangan Seni Budaya Nusantara.

Turut hadir dalam rapat ini Gubernur Maluku Utara, Walikota dan Bupati se Maluku utara, FORKUMPINDA Maluku Utara, dan OPD terkait baik Provinsi maupun Kabupaten Kota di Maluku Utara. (Humas

532 View

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *