25 APK Caleg Parpol dan Caleg Perseorangan Ditertibkan

TIDORE KEPULAUAN – Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kota Tidore Kepulauan pada Kamis, 29 November 2018 menggelar penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang melanggar ketentuan, karena diluar zona KPU.

Operasi penertiban APK dilakukan atas kerja sama Bawaslu Kota Tidore Kepulauan, Satpol PP, Badan Kesatuan Bangsa dan Pokitik (Bakesbangpol) serta Petugas Kepolisian Resort Tidore Kepulauan.

Dalam oprasi penertiban APK yang dimulai sekira pukul 11.00 WIT ini, petugas menyisir jalan Poros Kota Tidore yang dimulai dari Kecamatan Tidore hingga Kecamatan Tidore Utara.

Anggota Bawaslu Divisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Iriyani A. Kadir, S.Sos, M.Si yang turut serta dalam melakukan penertiban APK menyampaikan, penertiban APK adalah upaya Bawaslu untuk mengurangi pelanggaran karena memasang atribut Parpol dan perseorangan diluar dari Zona yang telah ditentukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Lanjutnya, Sebelum dilakukan penertiban, Bawaslu Kota Tidore Kepulauan bersama KPU Kota Tikep telah melakukan sosialisasi presuasif dan menyurat kepada Parpol tentang aturan pemasangan APK. Sangat disayangkan, setelah dilakukan sosialisasi, pengwasan yang dilakukan oleh Bawaslu dan jajarnnya menemukan masih banyak APK yang terpasang di luar zona dan tidak mematuhi aturan yang ada sehingga petugas sehingga hari ini, Kamis 29 November 2018 Bawaslu Tikep dan instansi terkait turun untuk melakukan penertiban.

“Terdapat 25 APK caleg Parpol dan caleg perseorangan yang ditertibkan oleh petugas karena disinyalir melakukan pelanggaran sesuai PKPU 23 tahun 2018,” tutup Kordiv PHL. (Humas)

163 View

TAG


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *