HUT Ke-74 RI, Pemkot Tidore Laksanakan Upacara Bendera di Sejumlah Tempat

TIDORE KEPULAUAN, tvonlinetidore.net – Upacara peringatan Detik-detik Proklamasi dalam rangka HUT Ke 74 Kemerdekaan RI Tahun 2018 dan Penurunan Bendera di Kota Tidore Kepulauan, Sabtu (17/8) pagi dan sore, berlangsung lancar dan sukses. Pelaksanaan upacara yang dipusatkan di halaman kantor walikota Tidore tersebut berlangsung tertib dan hikmad dimana Walikota Capt. H. Ali Ibrahim bertindak sebagai inspektur upacara detik-detik proklamasi dan upacara penurunan bendera.

Demikian juga dengan upacara bendera yang dilaksanakan di Kecamatan Tidore Utara, Tidore Selatan, Tidore Timur, Kecamatan Oba Tengah, Oba dan Oba Selatan, juga berjalan lancar. Sementara pemerintah dan masyarakat Kecamatan Tidore melaksanakan upacara bersama Pemkot Tidore di Halaman Kantor Walikota.

Usai memimpin Upacara pada Kamis pagi, Ali Ibrahim menyerahkan bantuan dana kehormatan kepada keluarga dan perintis kemerdekaan, pejuang, warakwuri, wredatama serta purnawirawan, yang berjumlah 60 penerima dan masing-masing menerima santunan sebesar Rp.2 Juta.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka 2019 di bawah pimpinan Danpas Ahmad Lisroes bersama Danton Pengibaran Rizki Apriansyah, siswa SMAN 1 Tidore Kepulauan berhasil melaksanakan tugas dengan baik. Pembawa Baki, Sri Febrianty dari SMAN 3 Tidore Kepulauan dengan langkah yang anggun dan percaya diri menerima Bendera Merah Putih yang diserahkan Walikota H. Ali Ibrahim.

Begitu juga saat Pengibar Bendera masing-masing, Anwar M. Nur dari MA Dowora, Anwar Ramang Kahar dari SMAN 1 Tidore Kepulauan, dan Rifki Hasyim dari MAN 2 Tidore Kepulauan. membentangkan bendera dan mengibarkannya ke puncak tiang. Para anggota Paskibraka ini mendapat aplaus yang meriah dari seluruh peserta upacara yang menilai bahwa tugas pengibaran bendera pusaka telah dilaksanakan dengan baik.

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah pemerintah daerah dengan perintis kemerdekaan, para pejuang, veteran, purnawirawan, wredatama dan warakawuri di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore Kepulauan, Sabtu Siang dan upacara penurunan bendera pada Sabtu Sore.

Sementara itu upacara Penurunan Bendera Merah Putih juga berlangsung dan berakhir dengan sukses. Walikota Capt. H. Ali Ibrahim kembali bertindak selaku Inspektur Upacara. Bendera Merah Putih diturunkan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka pada pukul 17.30 sore.

Paskibraka yang bertugas menurunkan bendera dibawah pimpinan Danpas Iptu Ridwan Usman bersama Danton Penurunan Bendera Julham Y. Taroka, siswa SMAN 9 Tidore Kepulauan sukses melaksanakan tugasnya, Pengerek Bendera masing-masing, M. Iksan Pariyama dari Ponpes Haritsul Khairaat Bumi Hijrah, Takdir Ahmad dari SMAN 3 Tidore, dan Yusril Ashari dari SMAN 1 Tidore Kepulauan menurunkan Bendera merah putih, melipat dan menyerahkan kepada pembawa baki, Ina Afia Nurdin dari MA Guraping. Setelah itu Pembawa baki menyerahkan kepada Inspektur Upacara.

Sebelum menuju kantor walikota, pada Sabtu pagi pukul 07.00 Wit, Ali Ibrahim menjadi inspektur upacara pemberian remisi di RUTAN Kelas II B Soasio, Tidore, tercatat sebanyak 41 orang Narapidana menerima Remisi Umum 17 Agustus 2019 dengan pengurangan masa tahanan antara 1 sampai 5 bulan.

Pada Sabtu (17/8) dinihari, tepat pukul 00.00 Capt. H. Ali Ibrahim memimpin langsung Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Makam Pahlawan Nasional Sultan Nuku di Kelurahan Soasio dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatangan naskah renungan suci serta tabur bunga di makam Sultan Nuku. (Humas)

97 View



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *