Setelah Kodim SBB, Ditargetkan Waisala dan Luhu akan Dibangun Koramil

SBB, tvonlinetidore.net – Pembentukan Kodim yang ke enam di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) yang markasnya direncanakan akan dibangun di tahun 2020 ini, diharapkan juga berdampak pada pembentukan satuan yang lebih kecil dibawahnya, yakni Komando Rayon Militer (Koramil), sehingga mobilisasi pasukan untuk mengantisipasi situasi yang genting dapat dilakukan secepat mungkin.

Komandan Kodim Persiapan SBB, Mayor Inf, Pantas Hutapea, yang ditemui Senin, (16/9/2019) menyatakan, keberadaan satuan TNI adalah untuk memperkuat Pemerintah Daerah, yaitu Kodim untuk memperkuat Pemerintah Kabupaten, sementara Koranmil untuk pemerintahan Kecamatan.

“Setiap Muspika (Musyawarah Pimpinan Kecamatan) harus ada pimpinannya, ada Camat, ada Kapolsek dan Danramil,” cetusnya.

Menurut Hutapea, Kabupaten SBB yang memiliki 11 Kecamatan yakni (Elpaputih, Kairatu, Inamosol, Kairatu Barat, Seram Barat, Huamual Muka/Waisala, Huamual Belakang, Taniwel, Taniwel Timur, Buano dan Manipah) ini, semestinya ada 11 Koranmil, tetapi yang baru terisi hanya 3 Koranmil yakni Koranmil Piru(Kecamatan Seram Barat), Koranmil Kairatu (Kecamatan Kairatu) dan Koranmil Taniwel (Kecamatan Taniwel).

Hutapea menandaskan, mudah-mudahan di SBB ini setelah Kodim ada juga Koranmil, karena itu kemarin di Desa Kamal, Kecamatan Kairatu Barat pihaknya telah bertemu dengan pemilik lahan yang akan dijadikan Koranmil dan lahan itu adalah milik pribadi, setelah itu pihaknya juga sudah bertemu dengan ibu Camat Kairatu Barat, Ny Sarah Petronella Serpara, BA dan pejabat Kepala Desa Kamal, Benjamin Touwelly.

Sementara untuk Kecamatan Waisala, direncanakan Pemda setempat dapat menghibahkan tanah untuk pembagunan Pos Koranmil Persiapan. “Kita rencanakan harus ada Koranmil di Kecamatan Huamual Muka itu,” katanya.

Masih menurut Hutapea, di Desa Luhu, Kecamatan Huamual, Masyarkat telah menghibahkan tanahnya untuk membangun Pos persiapan Koranmil Huamual.

“Kami merasa bersyukur dan sangat berterimakasih kepada Masyarakat SBB, yang sangat Welkam dan Pejabat-pejabatnya juga sangat Wellkam, karena sejak terbentuknya pemerintahan, Polres sudah terbentuk sejak tahun 2007, sementara Kodim belum, karena itu Kami sebagai Kodim Persiapan meminta dukungan doa restu supaya terbentuk Kodim yang baru sehingga mendukung kelengkapan Muspida yang akan juga mendukung keamanan Pemerintahan dan kelancaran pembangunan Daerah, Demi Kesejahteraan Negeri Saka Mese Nusa ini,” urainya.

Disingung mengenai kesiapan dalam menangani konflik, Hutapea menyatakan, sebagai aparat tidak ada tawar-menawar soal pengamanan karena itu akan dilaksanakan semaksimal mungkin.

“Kami siap mendukung Pemda SBB, maupun Camat-Camat dalam hal pengamanan, apalagi Kami TNI Polri solid dan siap membantu keamanan dan berupaya semaksimal mungkin,” ungkapnya.

Hutapea menandaskan, terkait konflik Ia meminta Masyarakat untuk lebih menahan diri, jangan karena masalah sepele langsung berkalahi, karena kalau tidak bisa menahan diri maka akan dibawa keranah Hukum, masyarakat yang rugi.

“Harapan kita kalau masih bisa dimusyawarahkan, kalau sudah tahap yang lebih tinggi maka di selesaikan secara hukum,” akunya. (Nicko Kastanja)

1.119 View

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *