Asisten I Gafarudin Buka Rakerda Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Maluku Utara 2020

SOFIFI – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Maluku Utara menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2020, bertempat di Kantor Kwarda, Desa Durian, Kecamatan Oba Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, Jumat (6/3/2020).

Rakerda dengan tema “Peningkatan Peran Gerakan Pramuka Dalam Bela Negara dan Penanggulangan Bencana” ini secara resmi dibuka oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Gafarudin, mewakili Gubernur KH Abdul Gani Kasuba.

Hadir pada kegiatan tahunan ini Ketua Kwarda Malut, Dr. Muhammad Abusamama, Assiten 1 Gafaruddin, Sekretaris Kwarda H. Fauji Koda, Waka Orgakum Dr. Ridjal J Kotta, Waka Binawasa dan Bela Nagera H. Abdullah Pellupessy, Waka Binamuda Drs. H. Djafar Umar, dan para peserta yang berasal dari Kwartir Cabang (Kwarcab) se-Malut minus Pulau Taliabu.

Ketua Kwarda Malut Dr. Muhammad Abusamama dalam sambutannya menyampaikan setiap aktivitas yang kaitannya dengan kepentingan Kwarda akan dipusatkan di Ibu Kota Provinsi Maluku Utara. Mengingat, gedung milik Kwarda yang dibangun oleh Pemprov itu sudah bisa ditempati.”Sebagai ketua Kwartir Daerah telah memprogramkan segalah aktivitas akan kita pusatkan di Sofifi. Sehingga aktivitas perkantoran yang tadinya kita laksanakan di Ternate, mulai hari ini semuanya dipindahkan ke Sofifi,”ucap Muhammad disambut tepuk tangan para peserta.

Ia menjelaskan Rakerda yang dilaksanakan ini untuk mengevaluasi program kerja tahun 2019 dan menyusun rencana kerja di tahun 2020 yang menjadi program prioritas utama Kwarda Malut.

Selain itu dikatakan, pada awal Maret 2020 akan dilaksanakan pendidikan dan Pelatihan orang dewasa yaitu kegiatan kursus Pelatih Pramuka Tingkat Dasar (KPD) untuk Pelatih Pramuka, yang juga sebagai syarat untuk membentuk Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) di tujuh kabupaten. Ini merupakan salah satu program 100 hari kerja kepemimpinannya. “Mohon maaf tahun ini kuotanya dibagi tidak merata. Yang sudah terbentuk Pusdiklatcab sedikit, lebih banyak dari Kwarcab yang sudah ada Pusdiklatcab,”ujarnya

Sementara, Sambutan tertulis Gubernur yang dibacakan Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Gafarudin menyampaikan untuk mewujudkan tugas pokok Gerakan Pramuka yang diatur dalam UU RI Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka yaitu membentuk dan melahirkan watak, kepribadian dan pekerti yang andal serta kecakapan hidup bagi anggota Pramuka untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.

“Melalui Musyawarah ini kita harapkan mampu menghasilkan kesepakatan, rumusan dan kebijakan yang bisa membawa Pramuka Maluku Utara ke arah yang lebih baik ke depan. Perlu ada kreativitas dan inovasi di kepengurusan ini,”ungkap Gafarudin bacakan sambutan tertulis Gubernur.

Menurutnya, Gerakan Pramuka saat ini harus berinovasi dengan mengembangkan berbagai fungsi lain. Yaitu sektor sosial dan dunia usaha dengan tetap berpegang pada tujuan Gerakan Pramuka, yaitu melahirkan generasi berkarakter sehingga nantinya akan tersedia sumber daya manusia Indonesia yang cakap dan kompeten di semua sektor.

Dalam membahas program-program kerja, Gubernur berharap forum musyawarah ini harus merumuskan hal-hal yang nantinya bisa melahirkan suatu program inovasi dan kreatifitas anggota pramuka sebagai suatu program yang utama.

“Jika itu sudah dilaksanakan, Saya yakin, dalam satuan karya Pramuka akan mampu terbentuk menjadi orang yang bermanfaat dan berkualitas,”imbuhnya

Disamping pelaksanaan pembukaan Rakerda tahun 2020, dilangsungkan juga pelantikan pengurus Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Maluku Utara. (Humas)

1.152 View

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *