Wagub Resmi Menutup Festival Kampung Nelayan Tomalou

SOFIFI – Wakil Gubernur M. Al Yasin Ali secara resmi menutup Festival Kampung Nelayan Tomalou (FKNT) di Kota Tidore, Minggu (8/3/20).

Wakil Gubernur Malut, M. Al Yasin Ali dalam sambutannya mengatakan bahwa acara FKNT yang telah dilaksanakan sejak tanggal 01 Maret 2020 kemari hingga hari ini sukses dan meriah.

“Saya yakin bahwa kita semua bersemangat dalam memanfaatkan kegiatan FKNT ini sebagai momentum besar bukan saja sebagai ajang silaturrahim “Ngofa Sedano” namun juga sebagai upaya nyata untuk menggugah kembali kearifan dan pengetahuan kemaritiman leluhur Tomalou yang terkenal sebagai nelayan dan pelaut tangguh dengan sejarah panjang kejayaan armada lautnya,”ungkap Wagub.

Tak hanya itu, kata Wagub, FKNT Tidore menyimpan kekayaan budaya dengan kekuatan kearifan lokal dan filosofi hidup. Olehnya itu, masyarakat (red Tomalou) masih menerapkan warisan peradaban Kesultanan Tidore yang bernilai tinggi. “Festival ini juga merupakan moment yang tepat untuk melakukan promosi wisata dengan kearifan lokal budaya masyarakat dengan kekayaan alam laut pulau Tidore,”ujarnya.

“Tomalou dengan sejarah besar kemaritiman leluhurnya harus menjadi kebanggaan dan motivasi bagi generasi muda, untuk berinovasi dan membangun kekuatan pada sektor perikanan dengan memanfaatkan segala sumberdaya yang kita miliki sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif masyarakat nelayan di wilayah Maluku Utara,”cetusnya.

Sebab, kita telah lama memunggungi samudra, laut, selat, dan teluk. Maka, mulai hari ini, kita kembalikan kejayaan nenek moyang sebagai pelaut pemberani yang mampu mengarungi perairan Sulawesi hingga Papua.

Menurutnya, dengan menjaring kekuatan di atas sampan melalui momentum FKNT, kita jadikan sebagai momentum yang tepat bagi masyarakat dan Pemerintah guna dapat saling berkolaborasi untuk mendorong berbagai program kelautan dan perikanan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kapasitas penduduk pesisir dalam membangun sektor perikanan yang unggul dan tangguh demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat pesisir di wilayah Malut,”tutupnya.

Sementara, Walikota Tidore Kepulauan dalam hal ini diwakili Asisten I Bidang Ekonomi dan Kesra mengatakan melalui Festival ini kita makin memperkuat rasa kebersamaan dan mempererat tali silaturahmi antar sesama warga Tomalou ke arah yang lebih baik.

“FKNT adalah upaya untuk menggugah kembali kearifan lokal dan pengetahuan kemaritiman leluhur Tomalou yang terkenal sebagai nelayan dan pelaut tangguh dengan sejarah panjang kejayaan armada lautnya,”ucapnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, dia mengajak kepada semua agar bersama-sama berkarya untuk kota Tidore Kepulauan sebagai wujud dari keikhlasan kita untuk mengabdi diri kepada daerah ini.

Untuk diketahui, selain melaksanakan FKNT juga dilaksanakan berbagai lomba dan menghasilkan berbagai juara di perlombaan terdiri dari, Lomba renang kategori Dewasa juara pertama Virgiawan, juara kedua Erwin, Juara Ketiga Yusri. Dari kategori Pelajar juara satu Putra Maulana, Juara dua arif wadas, Juara tiga Akhmad Wadas.

Sedangkan dari lomba dayung kategori Putri keluar sebagai juara pertama Ampera A, juara ke dua Ampera B, juara ketiga Usa Aso.

Sementara kategori Putra juara pertama Gadis Perawan, juara kedua Sinar Kajuri, juara ketiga Kariyoka. Untuk lomba Sayembara maskot keluar sebagai juara pertama M. Ali Sahar, juara kedua Zulfikar Ismail, juara ketiga Humaidi Husen. Untuk mata lomba permainan anak-anak itu terdiri dari lomba renang Koi Marohe, Tarik Tambang, Tum Gosora, Sompo.

Untuk Lomba Fotografer terdiri dari beberapa kategori yang terdiri dari Esay, foto Lanscape, dan Human Interes.

Selain itu juga lomba Acustic Cover Theme Song FKNT “Senja di kampung nelayan” dan keluar sebagai juara pertama Dhyt Project, juara kedua Nuryana, Juara ketiga Al Peter feet Furqan.

Disela-sela itu, Buyung Radjioen juga dinobatkan sebagai Sesepuh Kampung Tomalou oleh masyarakat Tomalou.

Selain itu, tampak hadir kepala Dinas Kelautan Dan perikanan Provinsi Maluku Utara Buyung Radjiloen, Kepala Biro Protokol, Kerjasama dan Komunikasi Publik Muliadi Tutupoho, Asisten I Kota Tidore Kepulauan, Forkompimda Kota Tidore Kepulauan, Kepala Kelurahan Tomalou. (Ms)

211 View



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *