Sambut Puncak HUT Koperasi Ke 73, Asisten III Gubernur Resmi Membuka Rangkaian Kegiatan UMKM Malut

SOFIFI – Pencanangan Hari Koperasi Nasional ke 73 dan Hari UMKM Nasional Ke 5 Tahun 2020 dibuka secara resmi oleh Asisten III Gubernur Maluku Utara (Malut) Muhammad H. Ismail yang berlangsung di halaman kantor gubernur di Gosale Puncak Sofifi, Jumat (10/7/2020) pagi.

Kegiatan ini diwarnai dengan senam pagi bersama beberapa instansi pemerintah terkait. Usia melaksanakan senam, dilanjutkan dengan pembukaan Pencanangan Hari Koperasi Nasional ke 73 dan Hari UMKM Nasional Ke 5 Tahun 2020 oleh Muhammad H. Ismail, didampingi Wa Jahria, Kepala Dinas UMKM Malut. Ansar Daali, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olehraga Malut, dan sejumlah perwakilan Koperasi dan UMKM Malut serta peserta senam pagi yang berkesempatan hadir saat itu.

Memasuki usia yang ke 73 tahun tepatnya pada tanggal 12 Agustus bulan depan, Hut UMKM akan dilakukan dengan mengambil tema “Anggota Sehat – Koperasi Kuat – Ekonomi Rakyat Berdaulat”.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Malut, Wa Jahria, menyambutkan bahwa memasuki Pencangan Hari Koperasi Nasional ke 73 dan Hari UMKM Nasional Ke 5 Tahun 2020 Ini kami juga membuka beberapa lomba dan beberapa kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang akan di ikuti oleh pelaku usaha UMKM di Malut yang nantinya dilaksanankan pada hari puncak di Halaman kantor UMKM di Sofifi.

Beberapa lomba yang sudah disiapkan, Pertaman, Lomba Inovasi Koperasi, Kedua, Lomba produk UMKM Berbahan Baku Ikan. Selanjutnya juga akan dilaksanakan beberapa Bimtek diantaranya, Bimtek kurasi produk dan pemasaran produk UMKM melalui aplikasi Grab Food. Bimtek kurasi Produk UMKM dan aplikasi ekspedisi Garuda Indonesia “Kirim Aja”. Berikut, Bimtek peningkatan Kapasitas sumber daya manusia (SDM) di sektor koperasi dan usaha mikro kecil menengah (KUMKM) atau 5 kelas.

Selain itu, UMKM Malut juga akan melakukan pembagian masker gratis sebanyak 17.000 produk bagi pelaku usah Koperasi dan UMKM terdampak Covid-19. Semua masker terebut merupakan produk UMKM lokal dan ini semua rencananya akan dilaksanakan pada puncak acara peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) dan Hari UMKM Nasional, serta pembagian sembako bagi KUMKM pada tanggal 12 Agustus Tahun 2020.

Kepada awak media, Wa Jahria mengatakan, selain beberapa hal di atas yang dia sampaikan, dirinya sangat berharap ketika melewati momen Peringatan Harkopnas ke 73 dan Hari UMKM Nasional Ke 5, semua hal yang dilewati tersebut dapat dijadikan motifasi untuk seluruh Koperasi dan UMKM di Malut untuk terus tetap berinovasi dan produktif.

Apalagi kita saat ini sedang diombang-ambing ditengah Pandemi Covid-19. Semoga dengan apa yang kita lalui tidak mematahkan semangat, sehingga ini dapat menjadi Motor Penggerak Perekonomian Daerah Khususnya dan Bangsa pada Umumnya,”ajak Kadis.

“Melalui momen ini juga kami menghimbau pada Pengurus dan Anggota Koperasi serta Pelaku UMKM Malut agar terus beradaptasi dengan perkembangan Teknologi yang terus berkembang. Selain itu diharap juga Bagi Pengurus dan anggota Koperasi serta Pelaku UMKM agar terus menjaga kesehatan dan dalam Melakukan Kegiatan Usaha agar memperhatikan Protokol Kesehatan yang telah dianjurkan Pemerintah pusat maupun daerah,”tutur Jahria sembari mengajak. (Ms)

209 View



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *