Mengenang Arti Sejarah TMMD 108 Kodim 1505/Tidore Mengukir Prasasti Menjadi Saksi Bisu

HALMAHERA TIMUR – Prasasti merupakan Piagam atau dokumen yang dituliskan pada bahan keras dan tahan lama. Prasasti menjadi simbol kebanggaan dan mempunyai nilai penting dalam mengukir sejarah. Tak hanya sebagai bukti, namun juga sebagai kenangan dan saksi bisu dalam setiap peristiwa.

Oleh karna itu, dalam kegiatan TMMD 108 Kodim 1505/Tidore yang sudah memasuki awal Minggu ke empat adalah tahap akhir dalam pengerjaan di setiap sasaran. Maka dibangunlah sebuah prasasti yang mejadikan lambang istimewa bagi TMMD ke 108 dalam menceritakan kisah penting pada setiap momen suka duka para anggota satgas TMMD 108 dan masyarakat Maba Tengah yang bergempur dengan sengit menghadapi bermacam masalah dan resiko dalam melaksanakan tugas yang mulia yakni pengerjaan pembuatan saluran air got,sarana dan akses jalan sampai dengan pembuatan jembatan sebagai penghubung antar lokasi desa.

Prasasti yang dikerjakan oleh Serma Arsani dan Praka Isnan ini terbilang cukup biasa saja namun memiliki nilai arti yang luar biasa bagi seluruh masyarakat Maba Tengah. Pasalnya, prasasti ini merupakan bukti sejarah kemanunggalan TNI dengan Rakyat di wilayah Maba tengah yang kemudian akan di ceritakan sampai ke anak cucu nantinya.

Prasasti yang didirikan ini terletak dilokasi sasaran 6 Desa Yawanli, tepatnya di depan Puskesmas Yawanli yang menjadi satu-satunya jalan penghubung di Maba tengah. Hal ini dilakukan agar semua masyarakat Maba tengah yang melintasi jalur tersebut dapat melihat dengan jelas prasasti kebanggan TMMD ke 108 Kodim 1505/Tidore.

Terpisah, Kepala Desa Yawanli Basri Tiabo menyampaikan, walaupun di tengah terik panas yang membakar, cuaca hujan yang dingin menggigil, lumpur dan becek yang seakan membuat diri ini patah arah dan semangat, namun kami tetap maju bersama untuk satu tujuan yaitu suksesnya pembangunan di desa kami.

“Terima kasih bapak TNI, lewat prasasti ini, kenangan bersama dalam setiap momen penting yang di lalui akan slalu kami ingat. (Satgas TMMD 108)

698 View

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *