Mewakili Gubernur, Sekprov Malut Pimpin Konsolidasi Mitigasi Bencana Alam

Ternate – Gubernur yang diwakili Sekprov Malut, Syamsuddin Abdul Kadir, memimpin Apel Konsolidasi Mitigasi Bencana Alam dalam rangka kesiapan menghadapi dampak La Nina atau Bencana Hedrometeorologi yang diselenggarakan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Malut Resort Ternate di Lapangan Ngara Lamo Salero, Ternate, Rabu (4/11/20).

Apel Konsolidasi Bencana ini diselenggarakan berdasarkan instruksi dari Badan Nasional Penanggunlanagan Bencana (BNPB) dan analisis hujan bulan Agusutus 2020, perkiraan hujan bulan Oktober, Nopember dan Desember 2020, tentang perkembangan cuaca ekstrim seperti banjir, tanah longsor, dan gelombang tinggi serta mengantisipasi badai La Nina yang datang dari pasifik ke arah timur dan perkiraan musim hujan yang terjadi dari bulan Oktober – Desember 2020.

Dalam sambutannya dikatakan bahwa, Badan Meteorlogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mempredikasi curah hujan akan meningkat dalam beberapa bulan kedepan sebagai dampak dari fenomena La Nina. Kondisi tersebut diprediksi akan menimbulkan bencana banjir, untuk itu dalam apel konsolidasi mitigasi bencana ini saya sampaikan beberapa poin penting yang perlu diperhatikan,”ujar Sekprov.

Poin penting yang perlu diperhatikan diantaranya, Menyiapkan Kontijensi Plan, mendesain tempat pengungsian sesuai protokol kesehatan covid-19, menyiapkan tenaga kesehatan disekitar tempat pengungsian, dan manfaatkan penginapan terdekat sebagai lokasi pengungsian.

Untuk diketahui Apel Konsolidasi ini dihadiri oleh Polri, TNI dan Instansi terkait yang terdiri dari Kapolda dan Wakapolda Maluku Utara, Karo Ops Polda Maluku Utara, Dansat Brimob Polda Maluku Utara, Dir Samapta Polda Maluku Utara, Kabid TI Polda Maluku Utara, Kabid Dokkes Polda Maluku Utara, Danren 152 Babullah, serta Dandim 1501 Ternate. (**)

494 View

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *