Bantu Korban Banjir Halut, Mahasiswa Geografi STKIP Kie Raha Ternate Galang Dana

TERNATE – Untuk membantu masyarakat di Kabupaten Halmahera Utara (Halut) usai terjadinya bencana banjir, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa Geografi STKIP Kie Raha turun ke pusat keramaian kota Ternate untuk mengelar aksi penggalangan dana.

“Kami mahasiswa melakukan aksi kemanusiaan ini untuk pencarian dana agar dapat membantu masyarakat yang ada di Kabupaten Halut yang kini sedang dilanda musibah atau bencana alam berupa banjir dan tanah longsor, “ujar salah satu mahasiswa Geografi STKIP Kie Raha Ternate yang saat itu tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa Geografi Peduli Bencana Halut, Iskandar Malik, Jumat (22/01/2021).

Menurutnya, Aksi yang sudah berlangsung sejak Kamis 21 Januari 2021 kemarin di sejumlah pusat titik keramaian Kota Ternate tersebut ternyata juga mendapat respon positif dari masyarakat Kota Ternate. Untuk itu, ini akan direncanakan berlangsung selama tiga hari.

Selain itu, mantan ketua Himapro Geografi STKIP Kie Rah Ternate satu periode ini juga mengatakan “Seperti diketahui bersama bahwa bencana alam yang melanda Kabupaten Halut pada berapa kecamatan yaitu Kecamatan Galela Selatan, Galela Barat dan Kecamatan Kao Barat pada tanggal 15 Januari 2021, awalnya di dahului hujan dengan intensitas ringan – lebat dan disertai angin kencang dalam durasi waktu yang cukup lama sehingga menyebabkan banjir dan tanah longsor di tanggal 16 Januari 2021.”

Lanjut, aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh mahasiswa geografi hari ini untuk dapat membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan mendesak yang di perlukan ketika berada di tenda pengungsian,”akunya.

Terpisah, Ketua Program Studi Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha, Alwi La Masinu, M.T ketika dikonfirmasi melalui aplikasi tukar pesan WhatsApp pada Jumat malam mengatakan, Ia sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan aksi kemanusiaan yang dilakukan sejumlah mahasiswa binaannya bersama seluruh dosen di jajaran program studi.

Dimana, aksi galang dana yang dilakukan oleh mahasiswa geografi untuk warga Halut yang dilanda bencana banjir dan tanah longsor pekan kemarin merupakan tindakan yang sangat mulia.

Olehnya itu, mantan Alumni Teknik Geologi Universitas Hasanuddin Makassar ini berharap agar pengurus Himapro-Geo “Penting kiranya menginstruksikan kepada seluruh mahasiswa Geografi mulai dari semester II sampai VIII ikut bergabung bersama dengan 23 orang mahasiswa yang melakukan aksi galang dana selama tiga hari”.

Tak lupa Alumni Geografi STKIP Kie Raha itu, juga mengingatkan kepada seluruh mahasiswa saat melakukan penggalangan dana agar tetap menerapkan protokol kesehatan cuci tangan, jaga jarak dan pakai masker. (*)

229 View

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *