Prodi Geografi Ajarkan Cara Penggunaan Aplikasi Zetero Untuk Referensi dalam Menulis Karya Ilmiah

TERNATE – Menulis karya ilmiah erat kaitannya dengan pengutipan referensi, entah itu dari buku, maupun karya ilmiah lainnya yang relevan, dan sebagainya.

Karena itu, untuk mempermudah Mahasiswa dalam proses penulisan karya tulis ilmiah, artikel jurnal dan paper secara online, Program Studi Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha Ternate melaksanakan praktek bagaimana cara menggunakan aplikasi Zetero dan Mendely.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung C lantai III, Prodi Geografi STKIP Kie Raha di Kelurahan Sasa, Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara diikuti seluruh mahasiswa baik semester akhir maupun semester dua, empat dan enam.

Ketua Program Studi Pendidikan Geografi, Alwi La Masinu, MT, ketika dikonfirmasi pada, Kamis (11/2/21) menjelaskan, kegiatan pelatihan menggunakan aplikasi Zetero dan Mendely agar mempermudah mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah.

“Zotero adalah salah satu reference manager yang dapat digunakan secara gratis dan memudahkan mahasiswa untuk mengelola sumber referensi yang dimiliki sebagai acuan dalam penulisan rujukan seperti penulisan karya tulis ilmiah, artikel jurnal dan paper,”jelasnya.

Menurutnya, Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, banyak tersedia alat bantu seperti Zetero dan Mendely ini. Diman kedua aplikasi ini memudahkan mahasiswa dalam membuat sitasi dan daftar pustaka yang dapat diakses secara online.

Selain itu, dengan menggunakan ini dalam penulisan karya ilmiah, sumber referensi yang menjadi rujukan adalah suatu keharusan untuk menghindari tingkat kesalahan,”katanya.

Ketika ditanya bagaimana langkah-langkah untuk mengunakan aplikasi Zetero dan Mendely kepada mahasiswa? Alwi menjelaskan bahwa sebelum melakukan pelatihan, ia mengarahkan kepada mahasiswa untuk download beberapa contoh file artikel Jurnal Nasional dan Jurnal Internasional.

Namun terlebih itu, dirinya lebih awal memberikan petunjuk tentang tata cara untuk download aplikasi Zetero dan proses penginstalan aplikasi tersebut melalui laptop,”jelasnya.

Selain memberikan petunjuk tentang download aplikasi, dirinya juga memberikan petunjuk tentang sitasi dari beberapa sumber baik secara manual dan otomatis yang sifatnya online.

Kemudian, langkah terakhir mantan Alumni Geografi STKIP Kie Raha ini langsung mengarahkan masing-masing mahasiswa untuk mencoba melakukan pelatihan dalam menjalankan aplikasi Zetero dan membuka lembaran kerja Microsoft office.

Kegiatan yang berlangsung dengan tema “Pelatihan Zetero, Efektif Untuk Menyusun Karya Ilmiah”. Selaku Ketua Prodi, sangat berharap kegiatan ini dapat lebih mempermudah mahasiswa dalam menyusun karya tulis ilmiah dan paper menggunakan aplikasi Zetero.

Apalagi, Aplikasi Zetero ini diajarkan lebih khusus untuk memudahkan pekerjaan mahasiswa dalam merujuk pada sumber pustaka. Selain itu, ini juga diharapkan agar mahasiswa dapat lebih muda menyelesaikan paper yang di berikan oleh pihak dosen dalam menggunakan aplikasi ini, dengan maksud untuk beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan perkembangan sekarang.

Sementara, Iskandar Malik, salah satu mahasiswa semester delapan usai mengikuti pelatihan mengaku, pelatihan
menggunakan Zetero yang dibimbing langsung oleh ketua prodi sangat bermanfaat bagi mereka.

Apalagi menurutnya, di era industri 4.0 seperti sekarang ini sudah merupakan zaman digital atau visual. Diman di tahun sebelumnya yang masih mengunakan kutipan dan dibuat secara manual dan hari ini kita dibimbing langsung untuk menggunakan secara online.

Olehnya itu, saya mewakili teman-teman mahasiswa semester delapan sangat mengucapkan terima kasih atas bimbingannya hari ini untuk mengajar bagaimana menggunakan aplikasi Zetero.

Mengingat, ini sangat bermanfaat. Apalagi kami saat ini diakhiri semester telah mendekati proses penulisan karya ilmiah atau Proposal dan Skripsi. Karena itu, kami rasa dengan diperkenalkannya aplikasi tersebut pada kami sangat tepat.

Sebab ini dapat lebih mempermudah untuk membuat daftar pustaka secara online dan lebih lebih akurat dalam memverifikasi sumber secara online. (**)

179 View

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *