Kerjasama Pemkot dengan Dinkes Prov. Malut Gelar Rapat Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 

TIDORE – Dalam rangka Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara menggelar R6apat Advokasi Vaksinasi Covid-19 di Aula Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan, Selasa (14/9/2021).

 

Rapat dibuka secara resmi oleh Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs. Muhammad Yasin, diawali oleh laporan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tidore dan Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara.

 

Dalam sambutannya Drs. Muhammad Yasin mengatakan bahwa tujuan vaksinasi Covid-19 diantaranya mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity) agar masyarakat tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

 

“Kekebalan kelompok hanya dapat terbentuk apabila cakupan vaksinasi tinggi dan merata di seluruh wilayah” ujarnya.

 

Drs. Muhammad Yasin juga menegaskan kepada petugas kesehatan agar dapat melakukan upaya komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) kepada masyarakat serta terus memantau status vaksinasi di wilayah kerja masing-masing dan memastikan setiap sasaran mendapatkan vaksinasi covid-19 lengkap sesuai dengan yang dianjurkan.

 

Sedangkan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Karim Salasa S.IP dalam laporannya mengungkapkan jumlah vaksinasi Covid-19 untuk Kota Tidore Kepulauan sebanyak 86.996 orang, presentase capaian dosis 1 per tanggal 9 September 2021 baru sebanyak 10.151 orang sedangkan masih ada sasaran sebanyak 70.604 orang yang belum divaksinasi minimal dosis pertama.

 

“Jika dengan 13 faskes yang siap melakukan pelayanan 5 hari dalam seminggu dapat melayani 100 orang per hari, maka butuh waktu 54 hari saja untuk kita bisa menyelesaikan target vaksinasi yang tersisa” ungkapnya.

 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sarbani A. Karim dalam arahannya berharap Rapat Advokasi Vaksinasi Covid-19 ini dapat memberi manfaat bagi peningkatan cakupan vaksinasi yang tinggi dan merata di seluruh wilayah Kota Tidore Kepulauan serta Provinsi Maluku Utara.

 

Turut hadir pada rapat tersebut Kodim 1505/Tidore, Polres Tidore, Kepala Bagian Pemerintahan, Kabag Kesra, Camat Tidore, MUI dan GP Ansor.(hms)

23 View

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *