Kadispotmaral Tetapkan Pulau Maitara Sebagai Kampung Bahari Nusantara

TIDORE – Pulau Maitara, Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan, menyandang status baru sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN), setelah diresmikan oleh Kepala Dinas Pembinaan Potensi ritim Markas Besar TNI Angkatan Laut (Kadispotmaral) Brigjen TNI (Marinir) Markos, Kamis siang (7/10/2021).

 

Peresmian KBN yang dipusatkan di Desa Maitara Tengah tersebut, ditandai dengan penandatanganan Prasasti Kadispotmaral Brigjen TNI (Marinir) Markos, Peresmian Rumah Pintar ditandai dengan penandatanganan Prasasti oleh Danlantamal XIV Imam Musani dan Peresmian Wisata Hutan Mangrove Ngusu Lenge Pulau Maitara oleh Wakil Walikota Tidore Kepulauan.

 

Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen, Di sela-sela persemiaan KBN, menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Markas besar TNI Al yang telah menetapkan dan meresmikan Pulau Maitara sebagai Kampung Bahari Nusantara.

 

“Kami menyamapaikan terima kasih dan penghargaan tinggi atas ditetapkan dan diresmikannya Pulau Maitara sebagai Kampung Bahari Nusantara,” terang Muhammad Sinen.

 

Orang nomor dua di Kota Tidore Kepulauan ini menjelaskan bahwa Pulau Maitara hanya sebuah pulau kecil, namun potensi yang dimilikinya begitu besar, tak hanya alamnya yang indah namun pantai dan lautnya juga sangat kaya akan keanekaragaman ikan dan karang yang masih terpelihara dengan baik. Tak heran bila banyak wisatawan yang tertarik dengan destinasi wisata yang ada di pulau ini.

 

Muhammad Sinen menambahkan bahwa masyarakat Pulau Maitara sebagian besar mata pencaharian sebagai nelayan, mereka begitu menjaga keindahan dan potensi yang ada di Laut, para nelayan Maitara yang dengan semangatnya mencari ikan di laut namun masih ikut menanam dan merawat Pohon Mangrove sekitar pantai.

 

Muhammad Sinen juga mengharapkan agar sinergitas yang terbangun antara Pemerintah Kota Tidore Kepulauan bersama TNI Angkatan Laut terus terjalin di masa-masa mendatang dan semoga kelak kegiatan ini menjadi sebuah sejarah untuk generasi berikutnya, bagaimana begitu besar perhatian yang diberikan oleh TNI Angkatan Laut Republik Indonesia untuk Kota Tidore Kepulauan.

 

“Semoga kunjungan Bapak/ibu dan rombongan di Kota kecil kami ini menjadi sebuah pengalaman yang indah dan menyenangkan,” tandasnya.

 

Sementara, Kadispotmaral Brigjen TNI (Marinir) Markos, mengatakan peresmiaan kampung bahari nusantara tersebut merupakan bagian dari kegiatan Surya Baskara Jaya TNI AL Tahun 2021 serta merupakan program TNI AL yang dilaksanakan Dispotmaral di wilayah Lantamal XIV-LANAL Ternate di empat wilayah yakni Tidore, Ternate, Sofifi dan Bacan, dengan beberapa kegiatan yang dilaksanakan diantaranya, Serbuan Vaksinasi, Khitanan masal, renovasi tempat umum seperti tempat ibadah, balai nelayan dan renovasi rumah pintar serta penyerahan bahan kontak berupa paket sembako.

 

“Melalui penyelenggaraan Surya Bhaskata Jaya Tahun 2021, TNI AL dapat turut serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat serta mendukung program Pemerintah dalam percepatan pembangunan khususnya di daerah-daerah Kepulauan terpencil yang sulit dijangkau melalui program kemasyarakatan yang menitikberatkan pada upaya-upaya pembinaan dan pemberdayaan potensi Nasional di Bidang Maritim.” tandasnya. (hms)

28 View

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *