Pemprov Malut Peringati Haornas ke-36 Tahun 2019

SOFIFI, tvonlinetidore.net – Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang ke 36 bertempat di halaman kantor Gubernur. Upacara yang dipimpin oleh Pejabat Sekertaris Daerah Malut, Bambang Hemawan, Senin pagi, (09/09/19) dan sekaligus membacakan sambutan Mentri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Upacara yang berlangsung pada pukul 9 pagi juga melibatkan seluruh ASN dan pimpinan OPD degan menggunakan pakaian olahraga.

Dalam sambutan yang di bacakan Sekprov dijelaskan bahwa, pelaksanaan HAORNAS ditahun 2019 ini dengan menyongsong tema “Ayo Olahraga, di mana saja, kapan saja”.

Menurutnya, tema ini mengandung makna bahwa Olahraga itu mudah karena dapat dilakukan di mana dan kapan saja, bahkan hal ini menjadi penting agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga tak hanya dapat dilakukan dengan difasilitas olahraga yang tersedia,”terangnnya.

Diakatannya, pembangunan di dalam olahraga adalah tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. Dengan sehat rohani kita, berarti telah mendukung kebijakan Bapak Presiden tentang Revolusi Mental, serta SDM Unggul Indonesia Maju.

Indonesia tidak sekadar sukses menjadi tuan rumah dan memenuhi target juara umum. Namun secara keseluruhan, Indonesia mampu melampaui target dengan mengoleksi 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu.

“Seperti yang kita ketahui tahun 2018 pada perhelatan Asian Games dan Asian Paragames, kita mendapat kado yang istimewa dari para atlit nasional. Peringkat ke 4 pada ajang Asian Games 2018 dengan perolehan 98 medali yang terdiri dari 31 Emas, 24 Perak dan 43 Perunggu. Dan yang lebih membanggakan atlit Disabilitas mampu mencatatkan sejarah baru kita menjadi peringkat kelima ajang Asian Paragames 2018 dengan perolehan 135 medali yang terdiri dari 37 Emas, 47 Perak dan 51 Perunggu.

Lanjutnya, untuk optimalisasi permasalan dan pembudayaan olahraga, sesuai Intruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang juga ditindaklanjuti dengan Peraturan Menpora RI Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga, kita sama-sama laksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat.

“Semangat mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan olahraga secara rutin dan secara teratur, baik pelajar, masyarakat, pekerja atau karyawan, dan semuanya, bahkan warga binaan yang ada di Lembaga Permasyarakatan,” katanya.

Sebagaimana di bacakan Sekprov, Menpora juga mengatakan bahwa, Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup. Permasalahan terbesar saat ini yakni derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah. Maka dengan Gerakan “Ayo Olahraga” diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut.

“Dengan kesegaran jasmani yang bagus, dengan kesehatan yang bagus, terutama adik-adik pelajar kita, maka memudahkan lahirnya bibit-bibit yang berpotensi menuju pentas nasional dan dunia di masa selanjutnya.” ungkapnya.

“Selamat memperingati Harornas ke-36, semoga kedepan semua warga Negara Indonesia tanpa kecuali dapat mencintai olahraga dan memposisikan olahraga sebagai pilihan dan gaya hidup sehat dan bugar,” ujarnya Sekprov.

Usai memperingati Haornas Pemerintah Provinsi Maluku Utara Melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menyerahkan bonus dan penghargaan kepada Atlet berprestasi sebanyak 22 orang. (MS)

670 View

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *