Pemprov Malut Berencana Gelar MTQ Tingkat Provinsi di Halteng

SOFIFI – Pemerintah Provinsi Maluku Utara bakal menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Maluku Utara (Malut) Ke – XXVI (26) tahun 2020 di Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng).

Hal ini sampaikan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Biro Kesra ), Dhir Bajo, ketika ditemui diruang kerjanya. Senin, (4/11/19).

“Kami baru saja melaksanakan koordinasi awal dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Halteng untuk bagimana mempersiapkan rencana kegiatan MTQ tingkat Provinsi Malut yang Ke – XXVI tahun depan,” katanya.

Menurut Dhir Bajo, Pemerintah Kabupaten Halteng sudah mempersiapkan segala sesuatu terkait dengan kegiatan yang akan digelar di tahun 2020. “Oleh sebab itu, terkait anggaran, panitia sudah memasukan dalam rencana anggaran APBD tahun 2020. Sehingga Pemerintah Halteng menyatakan siap untuk pelaksanaan STQ tingkat Provinsi Malut yang akan digelar di tahun 2020 mendatang,” pungkasnya.

Lanjut Karo, untuk tanggal, dirinya belum dapat memastikan, akan tetapi diperkirakan digelar usai bulan suci Ramadhan tahun depan.

Dijelaskan, sejauh ini panitia dari Provinsi sudah melakukan persiapan, tinggal melakukan rapat-rapat lanjutan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut dan kemarin, dirinya sudah melakukan koordinasi tahapan pertama.

“Setelah kita dapat surat balasan dari Pemerintah Kab. Halteng baru kita lakukan konsultasi lanjutan,” ucap Karo.

Dikatakannya juga, target anggaran oleh Pemerintah Daerah untuk Sekretariat Pemerintah Provinsi Malut, saat ini disiapkan oleh Pemerintah Daerah kurang lebih 2 miliar

“Anggaran tersebut juga merupakan pemberian bonus dan hadiah bagi peserta,” tuturnya.

Karo juga menambahkan bahwa, setelah berkonsultasi dengan pihak pemkab Halteng, tidak menutup kemungkinan Pemkab Halteng akan menyiapkan anggaran yang lebih besar lagi. Sebab ada tahapan-tahapan yang juga akan digelar. “Tak sampai disitu saja, Bupati Halteng, Edi Langkara, sangat menginginkan untuk juara-juara 1 sampai dengan 4 yang ditargetkan sebanyak 30 oran akan di berikan Umroh Gratis oleh panitia dan ini merupakan bonus dari pemerintah Halteng bagi yang mendapat juara,” terangnya.

Seperti yang diketahui, kegiatan MTQ tahun 2020 akan dilombakan 12 cabang, terbagi menjadi dua kegiatan. Diantaranya, Tilawatil Qu’ran dan Hafalan Qur’an.

Dirinya pun sangat berharap dan yakin, bahwa pihaknya akan segera lakukan kegiatan tersebut usai bulan puasa di tahun 2020, “berapa waktu lalu kita besama Pemda Halteng sudah buat laporan di Pejabat Sekertaris Daerah Provinsi Malut Bambang Hermawan,” akunya.

Ditambahkan, Sekda juga berkeinginan bahwa Pemerintahan Daerah Provinsi tetap menyambut baik dengan apa yang direncanakan. Apalgi agenda ini kan sudah setiap tahun dilaksanakan baik MTQ maupun STQ.

Sementara himbauan dari Sekda kepada panitia untuk bagaiman mengelola atau melaksanakan kegiatan MTQ tingkat Provinsi Malut yang Ke – XXVI tahun 2020 agar diatur seperti yang diharapkan. (MS)

322 View

TAG


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *