Ribuan Warga Ikut Ramaikan Jalan Sehat Kerukunan Kanwil Kemenag Malut dalam Peringati HAB Ke 74

SOFIFI – Ribuan peserta berpartisipasi dalam acara Jalan sehat kerukunan yang digelar Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara (Malut), dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Ke-74 yang bakal diperingati pada tanggal 3 Januari tahun 2020 mendatang.

Berdasarkan pers rilis yang di terima Tvonlinetidore.net, Selasa (31/12/2019). Dijelaskana bahwa kegiatan tersebut langsung dilepas oleh Ketua pengadilan Tinggi Agama Malut, H. Samparaja, dan didampingi Kakanwil Kemenag Malut, H.Sarbin Sehe, dengan mengambil Star di Jalan Kilo meter 40, Desa Galala, Kecamatan Oba Utara dan Finisnya di Kantor Kanwil Kemenag Malut Jln Kilo meter 40 di Sofifi.

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat dan ASN, diantaranya perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Malut, pejabat Eselon III dan IV Kanwil, Tokoh lintas Agama, Tokoh masyarakat, pengurus Darma Wanita persatuan Kanwil Kemenag Malut, pengurus Majlis Talim, para siswa siswi sekolah dan madrasah, peserta perkemahan Pramuka Madrasah serta seluruh ASN dilingkup Kanwil Kemenag Malut, Tikep, dan Halbar.

Sementara, Kakanwil Kemenag Provinsi Malut, H. Sarbin Sehe, dalam sambutannya sebelum pengundian hadiah usai Jalan Sehat kerukunan, mengatakan, Kegiatan jalan sehat kerukunan yang digelar saat ini adalah kegiatan yang dilaksanakan menyongsong HAB Kementerian Agama ke-74 tahun 2020.

Kakanwil menjelaskan, Kegiatan Jalan Sehat kerukunan memiliki dua pesan penting. Pertama, sebut, Sarbin yaitu pentingnya gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) melalui olahraga khususnya jalan kaki, Yang kedua pentingnya hidup rukun dan damai ditengah-tengah perbedaan dan keberagaman masyarakat di Provinsi Malut.

Selain pesan, kata Sarbin, pentingnya hidup sehat dan pentingnya Kerukunan Umat beragama, Kakanwil juga menyebutkan pada kegiatan Jalan sehat kerukunan ini juga, telah disediakan Panitia berbagai macam hadiah (Doorprize) dan akan diberikan kepada peserta melalui pengundian nomor sesuai kupon yang telah di bagikannya.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan agar Nilai-nilai kerukunan dan kebersamaan antara umat beragama senantiasa terjaga dan terpelihara dengan baik,”harap Kakanwil.

Sementara Ketua Forum Kerukunan Umat beragama Provinsi Malut, Adnan Mahmud, dalam Orasi kerukunannya mengatakan, perbedaan adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari, sebagai bangsa yang suda ditakdirkan oleh Allah SWT, Tuhan yang maha Esa dengan berbagai macam perbedaan jangan dipaksakan harus sama, namun harus bersama dalam perbedaan-perbedaan tersebut.

“Yang bisa menyatukan kita dalam perbedaan-perbedaan kita selaku bangsa Indonesia adalah Pancasila, Siapa yang berani merongrong Bangsa Ini, maka kita semua yang harus bangkit bersama menjadi Garda terdepan dalam membela dan mempertahankan keutuhan NKRI,”tutur Adnan menutup orasi kerukunan.

Untuk di ketahui bahwa, Kegiatan yang sama juga sebelumnya telah dilaksanakan oleh semua Kantor Kemenag Kabupaten/ Kota Se Malut.

“Usai kegiatan Jalan sehat kerukunan panitia melakukan undian berhadiah (Doorprize) lewat Kupon yang telah di bagikan.

Lanjut, H. Sarbin Sehe, yang paling menarik pada kegiatan ini adalah saat pengundian pemenag Doorprize jalan sehat kerukunan, Canda dan tawa serta kegembiraan mewarnai peserta ketika menerima puluhan hadiah yang diberikan panitia mulai dari hadiah yang nilainya kecil,sedang sampai hadiah yang nilainya besar.

Untuk diketahui, Hadiah (Doorprize) tersebut diantaranya Kulkas, Mesin Cuci, Sepeda, Televisi, Kipas Angin, Strika pakaian dan hadiah menarik lainnya. (MS)

188 View



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *