Lima DPD PAN Hasil Musdalub Tidak Memiliki Hak Suara

SULAWESI TENGGARA – Dinamika Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) semakin memanas. Hal itu bisa terlihat dari proses registrasi di lobi Hotel Claro Kendari, Sulawesi Tenggara yang sempat terjadi ketegangan akibat kepengurusan ganda di beberapa Kabupaten/Kota, salah satunya Maluku Utara.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu DPW PAN Provinsi Maluku Utara diduga dengan sengaja melakukan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) pada 5 (lima) Kabupaten, yakni DPD Halmahera Selatan, DPD Halmahera Utara, DPD Halmahera Timur, DPD Halmahera Barat, dan DPD Pulau Taliabu yang nyatanya bertentangan dengan konstitusi partai untuk kepentingan kongres.

Hal itu disampaikan Salahuddin Lessy, yang juga merupakan Kader PAN Malut kepada media ini via aplikasi tukar pesan (whatsApp), Selasa (11/02/2020).

“Namun nyatanya, kepengurusan 5 (lima) DPD dari hasil Musdalub sendiri tidak memiliki hak suara, sebab panitia sendiri perpedoman pada SK kepengurusan yang yang tercantum dalam SIPOL KPU,” katanya.

“Ini artinya, yang memiliki hak suara pada Kongres nanti adalah kepengurusan sebelumnya yang sah dari hasil musyawarah mufakat,” jelasnya, menambahkan.

Dikatakan juga, secara konstitusional yang memiliki hak suara adalah mereka (5 DPD) yang dipilih berdasarkan musyawarah mufakat, bukan hasil Musdalub, Panitia Kongres melakukan Registrasi Kepesertaan dengan berpedoman pada SK kepengurusan yang tercantum dalam SIPOL KPU.

“Perombakan kepengurusan di 5 (lima) DPD pada beberapa waktu menjelang kongres dianggap tidak sah, itu sebabnya yang terakomodir dalam kepesertaan adalah teman teman yang di reshufle,” tambahnya.

Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) sendiri telah dibuka malam tadi (10/02/20) oleh Ketua Umum Zulkifli Hasan. Dan juga dihadiri oleh beberapa tokoh, diantaranya Hatta Rajasa, Sutrisno Bachir, Sandiaga Uno, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, serta disaksikan oleh seluruh Kader Partai Amanat Nasional (PAN) seluruh Indonesia, dan berlanjut hingga Rabu (12/02/20). (On)

273 View



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *