Pemkot Tidore Raih Dua Piagam Penghargaan dari Perwakilan BPKP Malut

TIDORE KEPULAUAN – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan kembali menunjukkan keberhasilan dengan meraih dua Piagam Penghargaan dari Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Maluku Utara pada Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Level 3 dan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3.

Piagam Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Maluku Utara, Rizal Suhaili kepada Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim yang didampingi Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, H. Asrul Sani Soleiman bersama Inpektur Kota Tidore Kepulauan, Arif Radjabessy. Bertempat di Aula Kantor Perwakilan BPKP Maluku Utara, Rabu (12/2).

Walikota dalam sambutannya mengatakan bahwa penyelenggaraan pemerintahan harus dilaksanakan melalui suatu proses yang akuntabel, sehingga tujuan pembangunan dapat dicapai secara efektif dan berkelanjutan. Upaya yang dilakukan melalui dua pilar akuntabilitas yakni pilar peningkatan maturitas SPIP dan Pilar Pengingkatan Kapabilitas APIP.

Ali Ibrahim menambahkan bahwa hal ini merupakan salah satu sasaran Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 dengan target APIP Kementerian/Lembaga dan APIP daerah mencapai level 3 pada akhir tahun 2019.

“Dan Kota Tidore Kepulauan patut berbangga karena sudah mencapai target nasional yakni pada level tiga” Kata Ali Ibrahim.

Tak Lupa Ali Ibrahim mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pencapaian level tiga ini, juga kepada pihak BPKP yang terus memberikan support dan binaan.

Pada sambutan Kepala Perwakilan BPKP Maluku Utara, Rizal Suhaili mengungkapkan bahwa Kota Tidore Kepulauan merupakan Pemerintah Daerah di Provinsi Maluku Utara yang pertama kali meraih penghargaan ini, yang sekaligus meraih dua penghargaan dengan nilai yang berhasil meraih target nasional yakni pada level tiga.

Rizal Suhaili sangat mengapresiasi capaian tersebut dan mengatakan bahwa Kota Tidore Kepulauan telah menerapkan prinsip-prinsip pengandalian internal yang baik dan juga telah berarti telah mampu melakukan pengawalan akuntabilitas dengan baik.

Namun sebelum mengakhiri sambutannya, Rizal juga mengingatkan bahwa prestasi ini harus terus ditingkatkan. Rizal tak lupa menitipkan pesan bahwa capaian level tiga ini harus dibuktikan dan ditunjukkan, karena capaian ini bukan hanya kelengkapan dokumen tapi memang capaian yang sudah diterapkan dalam sistem pemerintahan daerah  Kota Tidore Kepulauan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala-kepala Perangkat Daerah Kota Tidore Kepulauan bersama jajaran Perwakilan BPKP Maluku Utara. (Hms/SS)

139 View



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *