Pasca Pasien 100 Terkonfirmasi Positif, Tim Gugus Covid-19 Tidore Mulai Lakukan Berbagai Langkah Pencegahan

TIDORE KEPULAUAN – Setelah hasil tes cepat molekuler (TCM) di laboratorium RSUD Chasan Boesoirie Ternate, specimen pasien 100 yang meninggal belum lama ini terkontaminasi positif virus corona. Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Tidore Kepulauan mulai Minggu, (24/05) malam, melakukan koordinasi dengan komunikasi data, untuk mencaritahu siapa saja yang sudah kontak erat dengan pasien 100 positif Covid-19 tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Covid-19 Kota Tidore Kepulauan, Saiful Salim saat dikonfirmasi via aplikasi tukar pesan (WhatsApp), Minggu, (24/05) malam.

“Yang pertama pasti tracking, besok tim sudah mulai turun tracking, mlam ini sudah mulai koordinasi dengan komunikasi data kontak erat,” kata Saiful.

Dikatakan juga, setelah dilakukan tracking, mereka yang berkategori orang tampa gejala (OTG) wajib isolasi diri mandiri, kemudian rapid test dan pemberian vitamin.

Ditanya, apakah saat ini Tidore sudah bisa dikategorikan sebagai transmisi lokal virus corona, Saiful mengatakan, untuk menentukan transmisi lokal atau tidak, maka dilakukan penyelidikan epidemiologi terlebih dahulu.

“Kita akan melakukan penyelidikan epidemiologi, baru bisa tentukan transmisi lokal atau bukan, almarhum tidak ada riwayat dari luar daerah, tapi ada ke Ternate dan pernah juga terima APD, jadi masih terus didalami,” ujarnya.

Dirinya pun berharap, agar masyarakat tidak panik dan tetap tenang, selaku ikuti himbauan dari pemerintah tentang protokol kesehatan.

“Masyarakat tetap tenang, tetap di rumah, selalu menjaga jarak dalam berinteraksi fisik terutama di moment lebaran begini, agar selalu hindari kerumunan, selalu mencuci tangan dan selalu menggunakan masker saat keluar rumah,” pungaksnya. (Red)

Berita ini sudah ditayangkan di Marijang.id dengan judul “Begini Langkah dari Tim Covid-19 Tidore setelah Mengetahui Hasil TCM Pasien 100 Terkontaminasi Positif Corona

135 View



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *