Hadiri Kuliah Tamu, Nadhirah Nagu : Ini Tiga Prinsip CSR Patut Dipenuhi Pihak Tambang

TERNATE – Program Studi Pendidikan Geografi dan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi (Himapro-Geo) sukses menjalankan kegiatan Kuliah Tamu dengan tema “Tanggung Jawab Perusahan Pada Masyarakat Lingkar Tambang di Masa Pandemi Covid-19”, bertempat di Gedung C Lantai 3, kampus STKIP Kie Raha Ternate, Maluku Utara, Kamis (22/10/20).

Kegiatan yang berlangsung ini diikuti 57 orang peserta mahasiswa Geografi dan Ke 9 Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Se-STKIP Kie Raha Ternate.

Ketua Umum Himapro Geo Iskandar Malik dikesempatan itu mengatakan, “Kegiatan yang dilakukan pengurus Himapro hari ini bukan merupakan kegiatan awal atau perdana, akan tetapi sudah banyak kegiatan yang sebelumnya telah dilakukan pengurus Himapro-Geo. Diantaranya, Dialog Publik “Selamatkan Maluku Utara dari Ancaman Krisis Ekologi”, Kuliah Tamu “Pendekatan Stem”, Hari Ibu “Stop Intimidasi Perempuan”, dan masih banyak lagi,”akunya.

Ketua Program Studi Pendidikan Geografi Alwi La Masinu, M.T dalam sambutannya mengatakan, Perusahan seharusnya mempunyai tanggung jawab sosial dan lingkungan, karena tanggung jawab sosial dan lingkungan merupakan komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Lanjut Alwi, untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya. Selain itu, pemerintah juga harus mengeluarkan/menindaklanjuti mengenai dengan Buku Cetak Biru (Blueprint), tentang tenaga kerja dan program pemberdayaan yang menjadi keharusan dan dilaksanakan perusahaan tersebut,”ucapnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Alwi mengucapkan atas nama Program Studi Pendidikan Geografi dan Pengurus Himapro Geo STKIP Kie Raha Ternate maka kami ucapkan selamat datang kepada Cand Dr. Nadhirah Nagu, S.E.,M.Si.,Ak., CA., CSRS, CSRA. Selaku narasumber pada kegiatan kuliah tamu.

Sementara, Nadhirah Nagu, dalam penyampaiannya bahwa “Perusahan Milik Negara dan Perusahaan Swasta karena itu tanggung jawab perusahan mencangkup tiga aspek yaitu sosial, lingkungan dan ekonomi”.

Selain itu dalam pemaparannya dia mengatakan, prinsip dari aktivitas CSR yaitu membahas tiga prinsip. Pertama yaitu masalah kesinambungan, Kedua berbicara tentang program tahunan. Ketiga yaitu membahas tentang CSR akan berdampak positif kepada masyarakat secara ekonomi, lingkungan maupunram Studi Pendidikan Geografi dan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi (Himapro-Geo) sukses menjalankan kegiatan Kuliah Tamu dengan tema “Tanggung Jawab Perusahan pada Masyarakat Lingkar Tambang di Masa Pandemi Covid-19” bertempat di Gedung C Lantai 3, Kamis (22/10/20).

Kegiatan yang berlangsung ini diikuti 57 orang peserta di antaranya mahasiswa Geografi dan Ke 9 HMJ Se-STKIP Kie Raha Ternate

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Iskandar Malik dikesempatan itu mengatakan, “Kegiatan yang dilakukan pengurus Himapro-Geo hari ini bukan merupakan kegiatan awal atau perdana, akan tetapi sudah banyak kegiatan yang sebelumnya telah dilakukan pengurus Himapro-Geo. Diantaranya, Dialog Publik “Selamatkan Maluku Utara dari Ancaman Krisis Ekologi”, Kuliah Tamu “Pendekatan Stem”, Hari Ibu “Stop Intimidasi Perempuan”, dan masih banyak lagi,”akunya.

Ketua Program Studi Pendidikan Geografi Alwi La Masinu M.T dalam sambutannya mengatakan, Perusahan seharusnya mempunyai tanggung jawab sosial dan lingkungan, karena tanggung jawab sosial dan lingkungan merupakan komitmen perseroan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Lanjut Alwi, untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya. Selain itu, pemerintah juga harus mengeluarkan/menindaklanjuti persoalan mengenai dengan Buku Cetak Biru (Blueprint), tentang tenaga kerja dan program pemberdayaan yang menjadi keharusan dan dilaksanakan perusahaan tersebut,”ucapnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Alwi mengucapkan atas nama Program Studi Pendidikan Geografi dan Pengurus Himapro Geo STKIP Kie Raha Ternate maka kami ucapkan selamat datang kepada Cand Dr. Nadhirah Nagu, S.E.,M.Si.,Ak., CA., CSRS, CSRA. Selaku narasumber pada kegiatan kuliah tamu.

Sementara, Nadhirah Nagu, dalam penyampaiannya “Perusahan merupakan bagian dari Perusahan Milik Negara dan Perusahan Swasta, karena itu tanggung jawab perusahan mencangkup tiga aspek yaitu sosial, lingkungan dan ekonomi.

Selain itu dalam pemaparannya mengataakan, Prinsip dari aktivitas CSR yaitu membahas tiga prinsip yaitu, Pertama, kesinambungan. Kedua, berbicara tentang program tahunan. Ketiga yaitu membahas tentang CSR akan berdampak positif kepada masyarakat secara ekonomi, lingkungan maupun sosial. (*)

211 View



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *