Mengenang 163 tahun Jejak Petualang Alfred Russel Wallace di Ternate, Geografi STKIP Bakal Gelar FGD

Alfred Russel Wallace (Wikipedia.org)

TERNATE – Mengenang jejak petualang tokoh penjelajah, geografer, antropolog, dan ahli biologi dari Britania Raya di Maluku Utara. Program studi pendidikan geografi STKIP Kie Raha Ternate bakal menggelar Fokus Grup Diskusi tentang jejak petualangan Naturalis Inggris Alfred Russel Wallace di Ternate.

“Fokus Group Diskusi (FGD) yang rencananya dilaksanakan prodi geografi pada Kamis, 4 Maret, bertempat di Gedung C Lantai 3 Prodi Geografi (STKIP) Kie Raha dalam rangka mengenang tokoh naturalis pada tahun 1858 atau sekitar 163 tahun yang lalu di Ternate,”kata Ketua Prodi Geografi STKIP Kie Raha Ternate, Alwi La Masinu, Selasa (23/2/21) melalui sambungan teleponnya.

Alwi menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan program studi kemudian melakukan kerjasama dengan mahasiswa secara kolektif guna mengsukseskan kegitiga FGD tersebut,”jelasnya.

Oleh sebab itu dirinya berharap, kegiatan ini bisa dilaksanakan sesuai apa yang direncanakan Prodi. Sebab, FGD ini juga dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa di bidang Geografi terutama pada mata kuliah geografi tumbuhan dan hewan.

Selain itu, tentang Garis Wallace yang memisahkan wilayah geografi hewan Asia dan Australasia. Dimana garis ini berhubungan dengan spesies Asia.

Sementara mantan ketua Himpunan Mahasiswa Geografi, Iskandar Malik, mengajak seluruh mahasiswa geografi untuk mengsukseskan kesiapan pelaksanaan kegiatan FGD sampai hari pelaksanaan.

Terpisah, Ketua panitia pelaksana kegiatan Fahrul Jihar Jahir melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp saat dikonfirmasi mengatakan, apa yang bakal direncakan untuk mengulas kembali jejak perjalanan
Alfred Russel Wallace di Ternate melalui FGD oleh Prodi Geografi sangat baik.

Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk bagaimana memperkuat kajian dan keilmuan geografi. Selain itu juga dapat membantu menopang program studi pendidikan geografi dalam kemajuan program studi. Apalagi, dalam pengembangan pengetahuan di bidang geografi saat ini bergerak dengan moto “Learning By Risert”.

Karena itu, selaku mahasiswa kami semua dan saya peribadi sangat mendukung serta akan terus berantusias untuk turut terlibat guna mengakseskan kegiatan yang di maksud, karena ini salah satu momen yang cukup istimewa. (*)

209 View

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *