Tingkatkan Akurasi Penulisan Karya Ilmiah, Prodi Geografi STKIP Ternate Berlakukan Penggunaan Aplikasi Zetero

TERNATE – Menjelang awal tahun Akademik 2020/2021, Ketua program Studi pendidikan geografi STKIP Kie Raha Ternate Alwi La Masinu, M.T terapkan penulisan karya ilmiah, menyelesaikan paper dari dosen maupun sampai tugas akhir mahasiswa harus dikoreksi menggunakan Aplikasi Zetero dalam pembuatan daftar pustaka.

 

Menurutnya, Karya ilmiah maupun Skripsi tidak terlepas dari aktivitas menulis yang menerapkan konfensi Ilmiah, dikumpulkan dari rangkaian kata dan diakhiri dengan penulisan daftar pustaka.

 

Apalagi, penulisan karya ilmiah untuk melengkapi referensi yang dikutip melalui buku, jurnal, dan bahkan jurnal nasional secara manual sudah dilakukan sejak lama, namun dengan kemajuan teknologi dan informasi maka dirinya yakin bahwa penggunaan aplikasi Zetero untuk diberlakukan kepada mahasiswanya di tahun 2021 sangat tepat untuk menghindari tingkat kesalahan dan plagiarisme.

 

“Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, banyak tersedia alat bantu seperti Zetero dan Mendely yang memudahkan mahasiswa dalam membuat sitasi dan daftar pustaka yang tersedia secara online,”tulis Alwi La Masinu melalui siaran pers rilisnya melalui aplikasi tukar pesan WhatsApp, Kamis, (18/2/21).

 

Ia menjelaskan, “Zetero adalah salah satu reference manager yang dapat digunakan secara gratis dan memudahkan mahasiswa untuk mengelola sumber referensi yang dimiliki sebagai acuan dalam penulisan rujukan seperti penulisan karya tulis ilmiah, artikel jurnal dan paper.

 

Tambah Alwi, sebelum keputusan yang dikeluarkan pihak program studi geografi STKIP Kie Raha, beberapa pekan kemarin dirinya secara langsung telah melakukan pelatihan kepada mahasiswa geografi tentang bagaimana cara mengakses aplikasi tersebut.

 

Lanjut alumni magister teknik geologi Universitas Hasanuddin Makassar, Kelahiran Desa Soligi Kecamatan Obi Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan menjelaskan, selain pemberlakuan penulisan karya ilmiah mengunakan aplikasi Zetero di era teknologi informasi. Hal ini bertujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah.

 

Tak hanya itu, dirinya mengatakan bahwa pemberlakuan penggunaan aplikasi Zetero itu bukan hanya mahasiswa yang sedang bersiap-siap menyelesaikan studi akhir, melainkan juga dianjurkan kepada mahasiswa yang masih semester II, IV dan VI dalam menyelesaikan paper yang di berikan oleh dosen pengampu mata kuliah masing-masing.

 

Hal itu bertujuan agar mahasiswa Prodi Geografi dapat beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi sekarang, “akunya.

 

Olehnya itu, dirinya berharap kepada mahasiswa yang dibinanya selama ini untuk jangan menjadikan tugas akademik sebagai beban, tetapi jadikanlah sebagai tanggungjawab untuk menggapai apa yang di inginkan. (Adi)

288 View

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *