Sebanyak 34 APIP Ikuti Diklat Probity Audit Dari BPKP Maluku Utara

TERNATE – Dalam rangka meningkatkan kapabilitas APIP di Wilayah Maluku Utara, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara bersinergi dengan Pusdiklatwas BPKP dan Inspektorat Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan diklat Probity Audit bagi APIP Inpektorat Se-Maluku Utara, Senin (05/04/20) di Ternate.

Bertempat di Aula Ternate, Hotel Grand Daffam Bela Ternate dan dimulai pada pukul 09.00- 10.00 WIT, Diklat ini dibuka dengan laporan panitia yang dibacakan oleh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Zulkifli. Dalam laporannya, Zulkifli menyampaikan bahwa terdapat 34 APIP se-wilayah Maluku Utara yang akan mengikuti Diklat Probity Audit ini.

Selanjutnya, Zulkifli menjelaskan bahwa tujuan dari penyelenggaraan diklat ini sebagaimana telah tercantum dalam PP 11 tahun 2017 yang menyatakan bahwa dalam rangka pengembangan kompetensi teknis melalui pelatihan untuk memenuhi kebutuhan standar kompetensi jabatan dan pengembangan karier. Lanjutnya, Zulkifli berharap acara ini berlangsung dengan lancar dan dapat berjalan sesuai integritas.

 

Acara dilanjutkan dengan arahan oleh Inspektur Provinsi Maluku Utara Nirwan M.T. Ali. Dalam arahannya, Nirwan menyampaikan apresiasinya kepada BPKP Maluku Utara yang sudah dapat membatu Inspektorat dalam menyelenggarakan Diklat Probity Audit ini. Selanjutnya, Nirwan berharap dengan diselenggarakannya Diklat Probity Audit ini dapat meningkatkan pengetahuan para APIP dalam mencegah dan meminimalisir penyimpangan dan memperbaiki akuntabilitas dalam pembangunan.

 

Selanjutnya Nirwan juga menegaskan bahwa Inspektorat Daerah sebagai Aparat ”Pengawasan Internal” harus tegas dan sigap dalam mencegah penyimpangan sehingga dapat menciptakan akuntabilitas daerah. Diakhir arahannya, Nirwan menyampaikan bahwa Inspektorat Provinsi akan melaunching Aplikasi Sistem Manajemen Pengendalian Internal Inspektorat Provinsi Maluku Utara (SIMWASTER), Aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Data Inspektorat (SIPADAT), Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Surat Masuk Surat Keluar (SIMASUK), Klinik Konsultasi Inspektorat, dan Inspektorat Berbenah.

 

Diklat ini secara resmi dibuka dengan ketukan palu oleh Inspektur Provinsi Maluku Utara Nirwan M.T. Ali. Setelah resmi dibuka, dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta diklat oleh Inspektur Provinsi Maluku Utara Nirwan M.T. Ali didampingi oleh Plh. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Zulkifli dan Dalnis Bidang P3A Rizal.

 

Pembukaan ini ditutup dengan foto bersama. Selain para peserta diklat, pembukaan ini dihadiri oleh Plh. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Zulkifli, Inspektur Provinsi Maluku Utara Nirwan M.T. Ali, Inspektur Kota Terate Rohani Panjab Mahli, Inspektur Kota Tidore Kepulauan Arif Radjabessy Acara ini menerapkan protokol kesehatan. Setelah pembukaan, diklat dilanjutkan dengan pretest dan pemaparan materi oleh instruktur dari BPKP Maluku Utara. (rilis BPKP Malut)

 

77 View

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *