Camat Oba Pantau Hari Pertama USBK Secara Online Ke Sejumlah SD di Oba Tengah

TIDORE – Camat Oba Tengah H. Rudy Ipaenin pantau langsung pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) Sekolah Dasar (SD) se Kecamatan Oba Tengah.

Hal ini ia lakukan guna melihat secara dekat dan memastikan pelaksanaan USBK Sekolah Dasar (SD) dapat terlaksana dengan lancar dan sukses.

Menurut Rudy Ipaenin, USBK tahun 2021 di semua SD di Kecamatan Oba Tengah walaupun dilaksanakan secara online, namun pelaksanaan ujian di hari pertama secara umum bisa berlangsung dengan tertib, lancar dan sukses,”ujarnya usai melakukan pemantauan.

Namun, Pelaksanaan ujian secara online sedikit mengalami kendala, hal itu disebabkan Kecamatan Oba Tengah belum tersedianya jaringan telkomsel 4G yang kuat dan stabil. Rata-rata jaringan telkomsel 4G yang cukup kuat dan stabil itu berada di pinggir pantai sehingga ada beberapa sekolah yang melaksanakan ujian dengan mengambil tempat di pinggir pantai.

Sehingga pihak sekolah mengambil alternatif lain dengan bekerja sama antar pihak sekolah dan Pemerintah Desa / Kelurahan untuk membantu menyediakan jaringan wifi demi kelancaran pelaksanaan ujian.

Sebagai Camat kami tentu berharap agar pada tahun 2022 nanti kendala ketersediaan jaringan telkomsel 4G atau jaringan wifi yang signalnya kuat dan stabil dapat dipenuhi melalui pembangunan tower telkomsel ataupun pemasangan wifi gratis di seluruh sekolah,”harapnya.

Sementara, Kepala Sekolah SDN Aketobololo, Jaria Ali, S.Pd yang ditemui disela-sela pelaksanaan USBK mengatakan bahwa untuk SDN Aketobololo ujian tetap dilaksanakan di ruangan kelas karena jaringan telkomsel 4G cukup kuat dan stabil di sekolah kami.

Untuk biaya pulsa data peserta ujian semuanya ditanggung oleh sekolah. “Alhamdulillah, ujian hari pertama bisa berjalan dengan sukses. Semoga sampai hari terakhir nanti tidak ada kendala yang dapat mengganggu kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan ujian.

Terpisah, Kepala SDN 2 Akeguraci, Maryam, S.Pd mengatakan bahwa pelaksanaan USBK di SDN Akeguraci 2 terpaksa dilakukan di luar ruangan kelas karena belum tersedia jaringan telkomsel di sekolah kami. Sebagai solusinya kami meminta kesediaan Kepala Desa Fanaha untuk menyediakan jaringan wifi yang ada di Kantor Desa Fanaha agar bisa digunakan oleh peserta USBK dan Alhamdulillah dalam pelaksanaan ujian secara online di hari pertama ini bisa terlaksana dengan lancar dan sukses. (@b)

100 View

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *