Dukung Festival Maitara Tododara 2021, Komunitas Seni Budaya Cita Madani Laksanakan Workshop Musik Tradisi 

MAITARA– Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Yakub Husain membuka dengan resmi Workshop Musik Tradisi dalam rangka mendukung Festival Maitara Tododara 2021 yang di tandai dengan pemukulan Gong di Aula Ngusu Lenge, Desa Maitara Tengah Kecamatan Tidore Utara. Selasa (23/11/2021).

 

Dalam rangka mendukung Festival Maitara Tododara 2021 yang di rencanakan akan digelar pada tanggal 30-31 Desember tahun 2021, Komunitas Seni Budaya Cita Madani Maitara bekerja sama dengan pemuda Maitara Utara melaksanakan Workshop Musik Tradisi sebagai salah satu kegiatan pra event dari Festival Maitara Tododara 2021.

 

Pada kesempatan tersebut Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM dalam sambutannya mengapresiasi atas inisiatif panitia pelaksana atas terselengarakannya workshop musik tradisi yang menunjukan kecintaanya pada seni daerah, “melalui Workshop Musik Tradisi yang dilaksananakan oleh Sanggar Cita Madani dan para Pemuda Maitara Utara yang bekerjasama dengan Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Dikbud Riset dan Teknologi, saya mengajak kita semua, untuk menjadikan Musik Tradisi Tidore sebagai bagian yang tidak bisa kita lepas dari para Pemuda Tidore”. ucap yakub Husain.

 

Yakub juga menambahkan bahwa kegiatan workshop musik tradisi memiliki makna yang mendalam dan starategis, karena di harapkan menjadi salah satu media atau momentum generasi Tidore untuk membangkitkan seni dan tradisi tidore sebagai jati diri bagi generasi penerus, sekaligus sebagai pra event mendukukung Festival Maitara Tododara 2021.

 

“harapan besar saya agar kegiatan seperti ini terus berlanjut di masa yang akan datang sehingga di masa berikutnya generasi baru bisa ikut melihat dan ikut menjaganya” tutup yakub Husain.

 

Sementara itu laporan ketua panitia Munir Marajabessy mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah melestarikan musik tradisi, nyanyian dan musik pendukungnya, sebagai salah satu unsur dari objek pemajuan kebudayaan atau Objek Pemanfaatan Kebudayaan (OPK) dalam rangka membentuk karakter bangsa, ketahanan budaya, diplomasi budaya serta identitas masyarakat asal, waktu pelaksananan workshop ini berlangsung selama 3(tiga) hari mulai dari tanggal 23 – 25 November 2021 bertempat di Aula Ngusu lenge Desa Maitara Tengah.

 

Turut hadir Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan, Kepala Desa Maitara Utara, Perwakilan Direktorat pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan kemendikbud ristek RI, Para Tokoh Masyarakat, dan Para Peserta Sanggar Cita Madani Maitara.(hms)

115 View

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *