Pemkot Tidore Komitmen Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2023


TIDORE – Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan berkomitmen untuk mempercepat kegiatan pengadaan barang/jasa Pemerintah di tahun Angaran 2023, guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi, percepatan penyerapan anggaran, penyerapan tenaga kerja serta meningkatkan pendapat masyarakat.

Hal tersebut dapat dilihat dari rapat lanjutan para Kepala Bagian di lingkup Sekretariat Daerah Kota Tidore Kepulauan, para Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) bagian, Para Admin Sirup dan Para Pembantu Bendahara di Bagian dengan Asisten Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan bersama Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Tidore, di ruang rapat Walikota, Kamis (8/12/20220) pagi.

Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Taher Husain, menjelaskan rapat tersebut untuk menindaklanjuti instruksi Walikota pada saat rapat bersama para asisten, Staf Ahli Walikota, pimpinan OPD, PPK, PPTK tentang percepatan pengadaan barang/jasa 2023 pada Senin pagi lalu, (5/12/2022) di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota Tidore.

“Pak Walikota sudah keluarkan perintah saat rapat bersama pada Senin lalu kepada seluruh Pimpinan OPD untuk segera melakukan tender pra DIPA tahun Anggaran 2023. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi keterlambatan pengadaan barang/jasa ke depan,” tekan Taher.

Dalam kesempatan tersebut, Taher Husain menegaskan, target dari percepatan pengadaan barang dan jasa di Tahun Anggaran 2023 nantinya adalah laporan keuangan yang harus diselesaikan sebelum tutup tahun anggaran.

“Kalau laporan keuangan ini lebih cepat maka pertanggung jawaban kepala daerah jauh lebih cepat, seluruh insentif terkait dengan indikator daerah termasuk insentif keuangan jauh lebih maksimal untuk kedepan,” tegas Taher.

Taher juga mengajak, agar kedepan dapat jadikan daerah Kota Tidore dalam pengelolaan pemerintahan menjadi destinasi wisata, “ karena tanpa kita sadari bahwa tata kelola pemerintahan itu juga bisa dijadikan destinasi wisata, sehingga diharapkan Kota Tidore nantinya kedepan dijadikan tujuan wisata terkait percepatan pengadaan barang jasa dan penyusunan pengelolaan keuangan agar tata pengelolaan ini dapat terukur dan berdaya saing dengan kabupaten/kota lainnya baik dari sisi pengadaan barang jasa, inovasi daerah maupun lain sebagainya,” harap Taher.

Sementara, Kepala Bagian Pengadaan barang dan jasa Setda Kota Tidore Abd. Wahid Saraha mengatakan, percepatan pengadaan ini dilakukan selain untuk penyerapan anggaran juga bagaimana perputaran ekonomi di Tahun 2023, “ini adalah instruksi langsung dari walikota Tidore kepada bagain barang jasa untuk melakukan pendampingan ke semua OPD sehingga percepatan pengadaan dapat diselesaikan tepat waktu,” kata Abd Wahid.

Abd Wahid Saraha juga menambahkan, khusus di tahun 2023 untuk pengadaan alat tulis kantor (ATK) dan makan minum wajib pengadaannya melalui e-procesing atau belanja langsung melalui e-katalog, “karena sandarannya pada Inpres Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Penggunaan Produk Dalam Negeri untuk pengadaan barang jasa sehingga kepala daerah sudah diminta memaksimalkan penggunaan produk dalam negeri salah satunya dengan belanja di e-katalog,” tandasnya.

Wahid berharap agar semua OPD, lebih khususnya Sekretariat Daerah agar lebih cepat dalam percepatan pengadaan sehingga nantinya menjadi contoh untuk OPD lain. (rls/red)

68 View

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *