Dihadapan Walikota Tidore, Menhub bakal undangan Presiden di Puncak Hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore


JAKARTA – Hari Nusantara Tahun 2023 yang dipusatkan di Kawasan Pantai Tugulufa Kota Tidore Kepulauan resmi dilaunching oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi di Aula Gedung Kemenhub RI, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Pelaksanaan hajatan Nasional, Hari Nusantara Tahun 2023 rencananya akan berlangsung di Kota Tidore Kepulauan pada tanggal 10 sampai 13 Desember 2023 mendatang, yang dipusatkan di Kawasan Pantai tugulufa.

Kemenhub RI, Budi Karya Sumadi dalam sambutannya mengatakan, berbicara tentang Hari Nusantara sudah pasti berhubungan dengan Deklarasi Juanda tahun 1957, yaitu bagaimana membuat suatu konsepsi negara kepulauan, itu terbukti apa yang dicanangkan, di Maluku Utara banyak pulau-pulau yang cantik.

“Sebagai panitia, tentu kita memohon kerjasama dan dukungan dari semua pihak baik Kementerian dan Lembaga terkait, Pemerintah Provinsi Maluku Utara maupun Pemerintah Kota Tidore untuk sama-sama menyukseskan Hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore Kepulauan,” tutur Budi.

Budi menambahkan, Pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023 sebagai upaya mempersatukan bangsa, momentum hari Nusantara diperkuat dengan merajut konektivitas nusantara dan ekonomi maritim dari titik nol jalur rempah, karena di Maluku Utara, khususnya Tidore dan Ternate menjadi titik nol jalur rempah, seperti cengkeh dan pala.

“Pada puncak pelaksanaan Hari Nusantara nanti kita akan mengundang Bapak Presiden, mudah-mudahan beliau bisa hadir, karena pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore Kepulauan ini, sudah didiskusikan dengan bapak Presiden,” imbuh Budi.

Hadir dalam pelaksanaan launching tersebut, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara, khususnya Pemerintah Kota Tidore Kepulauan untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Hari Nusantara Tahun 2023.

“Terima kasih atas kepercayaannya, pada kesempatan ini, saya memohon dengan penuh hormat Bapak Presiden RI dan seluruh Menteri, Pimpinan Lembaga terkait, seluruh Pemerintah Daerah, Mitra Kerja, serta unsur terkait lainnya, dapat meningkatkan kerja sama, kolaborasi dan sinergi untuk menyukseskan agenda nasional ini, di Maluku Utara,” pinta Gubernur.

Senada, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim mengatakan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan saat ini telah menyiapkan sejumlah fasilitas yang akan digunakan pada pelaksanaan Hari Nusantara nanti.

“Sebagai tuan rumah, kami mendukung pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023, serta menjaga keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan Hari Nusantara di Kota Tidore Kepulauan nanti,” ungkap Ali Ibrahim.

Walikota Tidore Kepulauan dua periode ini juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia, untuk datang ke Kota Tidore Kepulauan dalam rangka menyukseskan gelaran Hari Nusantara Tahun 2023, sebagaimana suksesnya Sail Tidore Tahun 2022 lalu. (hms)

530 View

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *