YAMASTHA Gelar Baksos

TIDORE KEPULAUAN – YAMASTHA atau Yayasan Muhammad Asyik Thaib melakukan Bakti Sosial yang diberi tema “BAKSOS YAMASTHA 2019” resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Drs. H. Asrul Sani Soleiman, M.Si, Rabu (25/12) pagi di halaman Mushola Soa Kapita, Kelurahan Soasio, Kecamatan Tidore, kegiatan bakti sosial ini terdiri dari beberapa item kagiatan diantaranya senam kesehatan, sosialisai HIV/AIDS, seminar kesehatan, khitanan massal, pemeriksaan kesehatan yang meliputi konsultasi dokter, pemeriksaan fisik, gigi, darah yang mencakup kolesterol, asam urat dan gula darah, konsultasi gizi, konseling obat dan konseling lanjutan penyakit menular secara gratis.

Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Drs. Asrul Sani Soleiman dalam sambutanya menyampaikan penghargaan dan apresiasi positif kepada pengurus Yayasan Muhammad Asyik Thaib yang telah menggelar kegiatan bakti sosial ini. Kegiatan ini merupakan komitmen terbaik dari sebuah yayasan yang fokus terhadap pembangunan sosial,  turut memperhatikan kesejahteraan masyarakat dan berupaya mendekatkan setiap program kerja untuk memberikan kontribusi nyata pada cakupan pelayanan sosial kepada masyarakat, ujar Asrul.

Orang yang biasa disapa ko As ini menambahkan “Tantangan pembangunan Kota Tidore kedepan semakin berat, kerena itu dibutuhkan organisasi sosial yang mempunyai program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, mengingat organisasi sosial kemasyarakatan merupakan bagian yang terkait dengan rencana pembangunan daerah, yang telah dilakukan dalam bentuk wujud kegiatan serta keberhasilannya mendapatkan pengakuan dari masyarakat luas”.

Kesempatan yang sama Ketua Yayasan yang diwakili oleh Pengawas Yayasan Kamaluddin Kalfangare menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas kehadiran Pemerintah Daerah dalam hal ini Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan yang juga telah membuka Baksos ini secara resmi. Kegiatan ini bersamaan dengan momentum hari ulang tahun yayasan yang sekarang sudah berumur 9 tahun. Baksos ini bukan yang pertama kalinya kami buat tapi ini sudah yg ke beberapa kali diantaranya dua kali di daratan oba dan kami sengaja melakukan baksos ini di Mushola Soa Kapita Kesultanan Tidore Kelurahan Soasio ini karna kami merasa terpanggil untuk pulang kampung, tutur kamaludin.

Sementara itu Maimuna M. Asyik dan juga selaku ketua panitia menyampaikan bahwa bakti sosial kesehatan dan khitanan massal ini merupakan program utama yayasan untuk mewujudkan tujuan yayasan, yang pula bersumber pada amanat dan cita-cita leluhur dalam mewujudkan nilai kamanusiaan, amal ibadah, serta sikap kegotongroyongan dalam tercapainya kehidupan sosial dan makmur. Peserta yang mendaftar pada kegiatan ini berjumlah 150 orang untuk tes kesehatan dan 15 anak untuk khitanan massal. Kemudahan dalam kegiatan ini atas kerja sama RSUD Tikep, Kimia Farma Tidore, Apotek Guraci farma, dan para relawan diantaranya para dokter ahli dan umum, tim perawat gigi, tim ahli gizi, tim apoteker dari Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kota Tikep, tim perawat dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Tikep dan Pemuda Kelurahan Soasio.

Turut hadir unsur Pimpinan OPD, Camat Tidore, Lurah Soasio, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta Warga Masyarakat Kelurahan Soasio. (Humas)

1.378 View

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *