Dinkes Halsel Antisipasi Sebaran Virus Corona

HALSEL – Untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Dinas Kesehatan Halsel telah berupaya melakukan berbagai langkah pencegahan. Sala satunya dengan menyurat ke pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di wilayah Halsel untuk melakukan pemasangan baliho terkit sosialiasi tentang cara mengantisipasi virus corona.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Halsel, Hasna Muhammad, SKM. MKS kepada wartawan ini di ruang kerjanya, Kamis (06/02/2020).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Halsel, Hasna Muhammad, SKM. MKS

“Seperti cuci tangan dengan sabun, kemudian kalau pilek batuk, segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat, konsumsi makanan yang bergizi, olahraga dengan teratur, perbanyak minum air, hal-hal itu yang dilakukan,” katanya.

Dirinya pun meminta agar masyarakat tidak panik dan resah. Namun tetap menjaga sistem tubuh dengan memakan makanan yang bergizi seimbang.

“Jangan terlalu panik dan hawatir jangan sampai jatuh sakit. Jangan juga sampai mereka pilek saja sudah pikiran akhirnya jadi sakit, Insa Allah kami dari petugas kesehatan akan terus melakuka sosialisasi, memantau, melakukan pemeriksaan kepada masyaraka,” ujarnya.

Dikatakan, pihaknya memiliki tim gerak cepat begitu juga dengan bidang pengendalian penyakit yang selalu siap, begitu juga dengan puskesmas yang benar-benar siap.

“Alhamdulillah sampai sekarang belum ada yang di mencurigai, apa lagi sampai terinfeksi virus corona,” terang Hasna.

Dijelaskannya, pekan lalu, pihak Kesehatan telah bagi-bagi masker di Pelabuhan Kupal, kemudian senam bersama sekalian sosialisasi virus corona.

Olehnya itu, Hasna mengatakan, sebagai saran dan masukan, ada 6 (enam) poin rekomendasi di keluarkan Dinkes Provinsi Malut dan Dinkes Halsel yang pada intinya untuk mengantisipasi virus yang mematikan itu. Dimana, untuk menghadapi kesiapsiagaan, tim Dinkes Halsel, Dinkes Provinsi Malut, Dinas Nakertrans Provinsi Malut dan Haslel, Polres Halsel, BIN, PKM Laiwui, Dokter RSUD, Labuha, dan obi, dengan pihak manajemen Harita Grub, (MSP HPAL) turun ke obi, sosialisasi infeksi Novel Coronavirus (2019-nCoV). (Jul)

844 View

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *