Tiga Paslon Bupati dan Wakil Bupati Siap Melangkah ke Tahap Selanjutnya

FAKFAK– Tiga pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Fakfak, provinsi Papua Barat jalur independent dinyatakan lolos pada tahap awal seleksi penyerahan Dokumen. Olehnya itu, ke tiga bakal calon tersebut siap untuk masuk pada tahap verifikasi administrasi dan verifikasi factual.

Diketahui terdapat empat pasangan calon yang menyerahkan dokumen syarat dukung, namun satu pasangan bakal calon, Sulaiman Uswanas dan Hermanus Kerryanto (SUCI) batal menyerahkan dokumen kelengkapan hingga sampai pada batas waktu yang telah ditentukan pihak KPU. Hal ini disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Fakfak, Dihuru Dekri Radjaloa ketika ditemui Tvonlinetidore.net di Kantornya Jl. Kadamher Air Merah Fakfak, Selasa (25/02/20).

Beliau juga mengatakan , Ketiga pasangan tersebut yang berhasil lolos berkas melalui jalur Independen untuk lanjut pada tahap verifikasi administrasi dan verifikasi factual yaitu, Untung Tamsil yang berpasanagn dengan Yohana Dina Hindom (UTA-YOH) dengan memperolehan syarat dukungan sebanyak 7.614 orang.

Selanjutnya, pasangan Donatus Nimbitkendik berpasangan dengan H. Mustaqfirin (DOAMU) keduanya memiliki perolehan syarat dukungan suara sebanyak 5.267 dan pasangan yang ketiga dengan akronimnya (RAJA) yakni Abdul Rahim Fatamasyah berpasangan dengan Jimi Jefferson Liunsanda yang memperoleh syarat dukungan memenuhi standar yang ditetapkan 10 % dari jumlah DPT Kabupaten Fakfak sebanyak 5.179 minimum dari 9 Distrik dari 17 Distrik.

Diakuinya, dari tiga pasangan bakal calon, terdapat lima pasangan calon telah memperoleh username dan pasword untuk masuk ke Sistem Informasi Pencalonan (SILON). Kemudian melanjutkan dengan menyerahkan syarat dokumen pendukung sesuai dengan waktu yang ditetapkan pada tanggal 19 sampai 23 Februari 2020. Akan tetapi sampai pada waktu penutupan penyerahan dokumen/berkas pencalonan pada Minggu, 23 Februari 2020 pukul 23.59 WIT belum dimasukan.

“Oleh karena itu, dari empat pasangan calon tersebut hanya tiga pasangan bakal calon yang dinyatakan dapat melanjutkan pada tahap selanjutnya dan satu pasangan calon berkas dikembalikan atau statusnya ditolak yaitu Cyrilius Adopak- Peggy Patipi (CEPAT) karena dokumen yang dimasukan tidak lengkap sehingga kami tolak,“ tuturnya.

Dirinya juga menyatakan kepada pasangan independent bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang berkas dikembalikan atau statusnya ditolak dapat melakukan upaya hukum melanjutkan ke Badan Pengawasan Pemilihan Umum ( BAWASLU) Kabupaten Fakfak Papua Barat.
“Sedangkan untuk ketiga pasangan tersebut akan dilakukan verfikasi administrasi dan Verifikasi Faktual untuk melanjutkan ke tahap Pendaftaran n sebagai Kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati di bulan juni nanti, “ujar Radjaloa. (Tini)

313 View



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *