Disarups Malut Dukung Gerakan Literasi Babinkamtibmas Halsel

Dok : Istimewa

HALSEL – Peduli dengan konsep layanan Bangkitkan Minat Kampong Membaca Melalui Tatap Muka (Babinkam Batamu) yang digagas Babinkamtibmas Kayoa Utara, Kabupaten Halmahera Selatan Kasim Hi Umrah, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara sambangi perpustakaan dan sekaligus menyerahkan sebanyak 50 buah buku bacaan untuk mendukung kegiatan literasi masyarakat di masa Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid 19).

Setelah selesai penyerahan bantuan 50 buah buku baca, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan baca buku bersama dengan anak-anak sekolah di kantor Desa Laromabati, Kecamatan Kayoa Utara,”kata Kadis Kearsipan Provinsi Maluku Utara Rahwan K Suamba ketika dikonfirmasi baru-baru ini, Jumat (31/7/2020).

Dok : Penyerahan buku oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Maluku Utara Rahwan K Suamba kepada Babinkantibmas Kayoa Utara, Kasim Hi Umrah.

Hal yang membuat dirinya mendatangi Babinkantibmas Kayoa Utara, disebabkan karena ketertarikannya dengan konsep layanan Babinkam Batamu yang digagas oleh Kasim Hi Umrah.

Menurut Rahwan, konsep tersebut akan sangat bermanfaat lagi jika ia melakukan dengan cara mendekatkan buku kepada anak sekolah dengan bertamu dari rumah ke rumah (door to door),”saran Kadis dikesempatan itu.

Untuk diketahui, buku bacaan yang disediakan tidak hanya buku untuk anak-anak saja, melainkan juga disediakan buku bacaan yang berhubungan dengan kegiatan pertanian dan tataboga (buku masakan) untuk ibu rumah tangga,”jelasnya.

Apalagi dimasa Pandemi Covid-19, saat anak-anak hanya dapat belajar dari rumah maka dengan memberikan layanan membaca buku dari rumah ke rumah mungkin akan dapat membatu semangat belajar mereka”,kata Rahwan.

Kedepannya, Wilayah yang akan menjadi sasaran program Babinkam Batamu adalah 7 desa di Kecamatan Kayoa Utara yaitu Desa Laromabati, Desa Modayama.l, Desa Ngokomalako, Desa Akesipan, Desa Gayap, Desa Dehegila dan Desa Batu Atas,”sebutnya.

Ia berharap dengan adanya program Babinkam Batamu dapat mencapai semua rumah di wilayah Kayoa Utara dan sekitarnya sehingga meningkatkan minat baca dan menambah pengatahuan masyarakat. (*)

114 View



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *