Bawaslu Tidore Siap Mengawasi Lanjutan Tahapan Pilkada 2020

TIDORE KEPULAUAN – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tidore Kepulauan siap dalam penyelenggaraan Pemilihan Walikota 2020. Sementara terkait dengan kelanjutan Pilkada 2020, Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan Bahrudin Tosofu mengatakan,
tahapan yang dilakukan dalam Pemilu ini adalah pencoklitan data pemilih di setiap rumah ke rumah, mulai dari tanggal 15 Juli sampai dengan tanggal 13 Agustus.

“Jadi, Bawaslu Kota Tikep sudah menginstrusikan kepada seluruh jajaran kita (Bawaslu) di tingkat kelurahan dan kecamatan, untuk memastikan daftar pemilih yang akurat, karena sifat Bawaslu ini adalah mengawasi proses yang dilakukan oleh KPU,” kata Kudin, sapaan akrabnya, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (04/08).

Lanjutnya, pencoblosan tetap dilakukan di tempat TPS dengan mematuhi protokol kesehatan, namun ada beberapa sistem pencoblosan yang akan di rubah dikarenakan masa pandemi ini.

“Jadi di setiap TPS jumlah yang mencoblos akan di kurangi, yang awalnya 1 TPS 800 orang atau masyarakat, akan di kurangi 1 TPS 500 orang yang melakukan pencoblosan,” jelasnya.

Dijelaskan juga, untuk Bawaslu Tidore terkendala dengan anggaran dan adanya masa pandemi ini, tetapi soal anggaran sudah diberikan seluruhnya oleh Pemkot Tidore.

“Alhamdulilah anggaran sudah di berikan full oleh Pemerintah Kota Tikep sebesar Rp. 7 Miliyar dan di masa pandemi pencoblosan yang akan dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan,” ujar Kudin.

Kudin pun berharapan kepada masyarakat agar berkerja sama dengan Bawaslu, baik dalam hal pencegahan, money politik atau politik uang, dimana bila masyarakat menemukan hal-hal tersebut harap melapor di Bawaslu, baik di Bawaslu Kota Tikep, di tingkat kecamatan dan kelurahan desa.

Laporan: Noval S. Adam

96 View



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *