Tumbuhkan Minat Literasi, Gerasi Nusa STKIP Gelar GMB

Tvonlinetidore.net, TERNATE – Gerakan Literasi Nusantara (Gerasi Nusa) merupakan sebuah komunitas yang bergerak di dunia literasi, terutama baca-tulis. Dua keterampilan berbahasa yang dicanangkan sebagai literasi dasar menurut Word Economic Forum tahun 2015 di antara lima literasi dasar lain, yaitu literasi numerisasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, serta literasi budaya dan kewarganegaraan. Keenam literasi dasar ini penting dikuasai agar kita dapat survive dalam kehidupan sehari-hari.

Membaca dan menulis dikenal paling awal dalam sejarah peradaban manusia. Hari ini, kita sedang meneruskan peradaban tersebut. Dalam beberapa sumber, keduanya tergolong sebagai literasi fungsional dan bermanfaat besar dalam kehidupan sehari-hari. Dengan bekal kemampuan baca-tulis yang mumpuni, seseorang dapat menjalani hidupnya dengan baik.

Kemampuan berliterasi menjadi pusat perhatian, bahkan menjadi isu krusial karena berkaitan dengan perkembangan sumber daya manusia ke depan (PIRLS, 2007; PIRLS, 2012).

Selain itu, kemampuan literasi adalah kunci sukses untuk berpartisipasi aktif di dunia kerja, masyarakat, dan politik (Braunger dan Lewis, 2005). Akan tetapi, dunia literasi masih mengalami problem serius.

Data yang dirilis UNESCO menyebutkan Indonesia berada di urutan kedua dari bawah soal literasi dunia. Minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca.

Menyikapi hal tersebut, Gerasi Nusa, yang sebagian besar beranggotakan mahasiswa dan pelajar ini menggelar Gerakan Membaca Bersama (GMB). GMB digelar tanggal 15-17 September berlokasi di kampus STKIP Kie Raha Ternate.

Dalam kegiatan tersebut, pengurus Gerasi Nusa menyediakan 105 judul buku. Adapun judul buku meliputi pendidikan dan pengajaran, bahasa dan sastra, psikologi, sejarah, agama, filsafat, dan metodologi. Antusisme mahasiswa mengikuti GMB cukup besar,”ujar Masayu Gay, M.Pd, pembina Gerasi Nusa melalui aplikasi tukar pesan Whatsapp kepada media ini, Rabu (16l9/20).

Saat ini juga, Gerasi Nusa sedang melaksanakan kegiatan Belajar Bahasa Indonesia bagi Pemula (B-BIPA) secara daring. Kegiatan yang dilakukan bertujuan mengatasi kesalahan kaidah dalam menulis. Tujuan yang lain adalah membangun kesadaran mengenai pentingnya literasi bagi masyarakat di era revolusi 4.0. Sebab masyarakat yang berliterat tinggi, niscaya penguasaan sains dan teknologi pun semakin baik.

Karena itu, Gerasi Nusa terus berupaya menyelenggarakan kegiatan yang dapat meningkatkan motivasi pelajar dan mahasiswa terkait literasi. Sebab tidak menutup kemungkinan, tingginya pengguna internet dapat melemahkan kemampuan literasi. Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2017, terdapat 143,3 juta penduduk (54,7%) pengguna internet. (Tiakoly)

172 View



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *