Hadiri Kegiatan Tikar Adat di Kokas, Gubernur Papua Barat: Ini Kesempatan Untuk Berjuang


FAKFAK – Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan didampingi Asisten 1 Bidang Pemerintahan Robi Rumbekwan dan rombongan tiba di pelabuhan Kokas dengan Menggunakan speed boat, yang langsung disambut Bupati dan Wakil Bupati, Forkopimda Kab. Fakfak dan Masyarakat Kokas, Senin (12/9/2021).

Setibanya dengan rombongan pukul 10.50 WIT, Gubernur langsung diterima dengan tanda pengalungan bunga, tarian Tumor, dan Hadrat menyambut kedatangan orang nomor satu di Papua Barat.

Kedatangan Gubernur bersama rombongan untuk menghadiri acara tikar adat pembahasan persiapan pemekaran Kabupaten Kokas yang berlangsung di lapangan Distrik Kokas.

Selain itu, Distrik Kokas Gubernur juga disambut oleh Petuanan 5 (lima) raja yang terdapat di Distrik Kokas yakni Raja Wertuar Hi. Musa.Heremba, Raja Rumbati Hi.Abdul Gani Ishak Bauw, Raja Pikpik Sekar Muh.Tigtigria dan Arif Rumagesan, Raja Patipi dan Argunj yang diwakili oleh kedua wakil raja tersebut, yang mana dikesempatan itu juga menyampaikan aspirasi apa yang menjadi harapan mereka.

Penyerahan dokumen persyaratan administrasi Distrik Kokas untuk menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Kokas diserahkan langsung oleh Petuanan Raja Wertuar Hi Musa Heremba kepada Gubernur saat gelar tikar adat sedang berlangsung.

Gubernur dalam sambutannya menyampaikan, ini menjadi persyaratan Distrik Kokas untuk pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) menjadi Kabupaten Kokas ini, dan sudah final, bahkan sudah memenuhi syarat, “tuturnya.

“Ada 9 DOB di Papua Barat yang diusulkan untuk Pemekaran termasuk Kokas yang sudah lama dibahas pada akhir masa jabatan periode kedua Presiden Susilo Bambang Yudhono (SBY) 2014,”katanya.

Dikatakan, sebagaimana Undang-undang No 2 Tahun 2021 tentang Otonomi Khusus Papua termuat didalamnya agenda pemekaran Provinsi maupun Kabupaten, maka hal ini merupakan kesempatan untuk berjuang.

Didukung dengan Bupati dan Wakil Bupati Fakfak, akan jalan dan siap diterima untuk dilanjutkan, “pungkasnya.

Terpisah, Bupati Fakfak Untung Tamsil, mengatakan bahwa kami berdua mendukung pemekaran DOB Kabupaten Kokas.

Bupati berharap kepada seluruh masyarakat yang ada di Kokas, agar memberikan dukungan penuh kepada Gubernur selaku tokoh pemekaran.
Bupati juga berharap” Agar selalu mendoakan kepada beliau sehat dan cepat berpikir dan mengambil langkah-langkah strategi untuk mempercepat proses karna Kokas merupakan salah satu Kota Tertua.(Thyne)

106 View

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *