Wabah Nasional, BPS Fakfak Hentikan Sementara Pelaksana Survei

FAKFAK – Menindaklanjuti himbauan Pemerintah terkait pencegahan penyebaran Covid-19, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Fakfak menghentikan sementara kegiatan survei lapangan hingga 31 Maret tahun 2020.

Hal itu disampaikan Kepala BPS Kabupaten Fakfak, Cahyo Kristiono, SST., M.Stat, ketika dikonfirmasi via pesan WhatsApp, Jumat, (27/3/20).

Menurut Cahyo, kegiatan sensus yang sedang dikerjakan sekarang ini terdiri dari Sensus Penduduk (SP) online, dan SUSENAS atau Survei Sosial Ekonomi Nasional.

“Kenapa dihentikan sementara, pasalnya, survei ini dilakukan secara langsung dengan objek,” ujarnya.

Dikatakan, Sensus ini awalnya dimulai sejak Februari hingga akhir Maret 2020 ini. Namun, targetnya masih tersisa sekitar 5 persen sampel Susenas yang belum terdata.

“Hal ini karena sebagian tidak berada di tempat dan terhenti kegiatan ini untuk sementara, apalagi berhubung dengan adanya edaran tentang pencegahan penyebaran Covid-19 saat ini,” jelasnya.

Kata Cahyo, sensus yang dilakukan ini terdiri dari tiga tahap dan melibatkan 100 orang lebih petugas sensus. Yang mana tahap ketiga adalah survey pencacahan yang akan dimulai pada bulan Juli mendatang.

“Sejauh ini BPS Kab. Fakfak telah mengunjungi ke 17 Distrik dalam menyelesaikan Rapat Koordinasi Kecamatan/ Distrik guna menyampaikan kegiatan sosialisasi pelaksanaan SP ini,” akunya.

Sementara, kami dari BPS akan menunggu pemberitahuan secara resmi untuk memulai kegiatan lanjutan dilapangan. (Thyne)

135 View



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *