Empat Pelabuhan di Papua dan Papua Barat Lockdown, KM Tatamailau Ubah Rute Pelayaran

FAKFAK – Pencegahan penyebaran Corona Virus berdampak pada beberapa pelabuhan antar Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Pasalnya, sedikitnya empat dermaga/pelabuhan telah melakukan Lockdown sehingga KM. Tatamailau sementara harus berubah rute pelayaran.

Hal ini disampaikan oleh Captain KM. Tatamailau, Herman kepada media ketika dikonfirmasi lewat via telpon, Sabtu (28/3/20).

Kata Herman, rute pelayaran KM. Tatamailau berdasarkan jadwal keberangkatan yang sudah direncanakan dari pelabuhan Merauke Provinsi Papua, Kamis (26/3/20) kemarin, tidak lagi masuk ke pelabuhan Timika dan Agats karena sudah dilakukan lockdown untuk sementara. Sedangkan untuk pelabuhan yang belum melakukan Lockdown harus dengan syarat-syarat tertentu,”ujarnya.

Dikatakanya, kapal ini berangkat dari pelabuhan Merauke langsung menuju ke pelabuhan Tual dan ada sekitar 32 penumpang yang naik dari pelabuhan Tual dengan pelabuhan tujuan sorong dan Pelabuhan lanjutan,”sebutnya.

Kapal ini diberangkatan beberapa hari lalu dari pelabuhan Tual singga beberapa jam langsung menuju ke Sorong, Tidore dan Bitung. “Tidak lagi masuk Pelabuhan Kaimana dan Fakfak Provinsi Papua Barat, karena di pelabuhan tersebut telah melakukan Lockdown,”ungkapnya.

Tak hanya antisipasi di pelabuhan, kata Herman, saat ini kami juga melakukan antisipasi di kapal dengan setiap pagi melakukan penyemprotan. Selain itu, ABK dan Penumpang dibatasi untuk tidak ada lagi tanya-tanya, dan ngobrol-ngobrol, sementara untuk ruang kapal yang belum terpakai juga dikunci, penumpang hanya duduk manis sampai Kapal tiba,”ucapnya.

Untuk pemeriksaan tiket dilakukan dekat dengan tangga naik saat proses penumpang naik ke Kapal. Apabila sudah rapi dan terdata maka tidak lagi di periksa,”ujarnya.

Nanti, setibanya kami di Pelabuhan Bitung, Kami tetap stay di Kapal menunggu instruksi dari Pusat. (Thyne)

194 View



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *