16-22 Februari 2020, Panwaslu Kecamatan Botang Lomang Buka Pendaftaran PKD

LABUHA – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Botang Lomang Kabupaten Halmahera Sekatan (Halsel) membuka pendaftaran untuk Panitia Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Halsel 2020.

Ketua Panwaslu Kecamatan Botang Lomang, Mahmud Mustari saat dihubungi wartawan tvonlinetidore.net malalui telepon seluler. Kamis, (13/02/20), mengatakan, pendaftaran Panitia Panwaslu Kelurahan/Desa untuk mengurangi tingkat pelanggaran pemilu di Kelurahan/Desa dan akan dimulai pada tanggal 16-22 Februari 2020 mendatang.

Dikatakannya, pembentukan PPL/ Panwas Lapangan tingkat Desa pada Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota, berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 sebagaimana diubah dengan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019, bahwa Bawaslu membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Panitia Panwas lapangan (PPL) Kelurahan/Desa.

“Pendaftaran tersebut juga sesuai dengan surat edaran Bawaslu RI NO 0215/K.BAWASLU/KP.01.00/II/2020 tentang Pembentukan Pengawasan Pemilihan Umum Kelurahan/Desa,” katanya.

Dikatakan juga, untuk pendaftaran, peserta bisa mengambil formulir pendaftaran, surat pernyataan, dan daftar riwayat hidup yang sudah disiapkan dan dapat diambil langsung di Sekretariat Panwaslu Botang Lomang Desa Bajo Sangkuang.

Mahmud bilang, rekrutmen calon anggota Pengawasan Pemelihan Kelurahan/Desa ini dilakukan sesuai Petunjuk Tekhnis (Juknis) Rekrutmen Panwas Lapangan atau PPL yang dimana dimulai dengan tahap pendaftaran dan pemasukan berkas yang berlangsung pada tanggal 16-22 Februari 2020. Olehnya itu masyarakat yang mengikuti tes dapat segera mengambil formulir yang telah disediakan oleh Panwaslu Kecamatan Botang Lomang.

“Setelah tahapan administrasi dilanjutkan dengan pengumuman hasil berkas yang akan kita tempelkan pada papan informasi yang berada di sekretariat Panwaslu Kec. Botang Lomang sekaligus kita lakukan tes wawancara pada peserta calon anggota PPL itu,” pungkasnya.

Lanjutnya, hal itu berdasarkan juknis seleksi Panitia Pengawas Kelurahan/Desa yang sudah tidak melalui tes tertulis, pihaknya hanya melakukan verifikasi administrasi. “Dan apabila memenuhi syarat maka kami bertiga sebagai Panwascam kecamatan langsung melakukan tes wawancara kepada calon anggota PPL yang telah memenuhi syarat tersebut,” tuturnya.

Mahmud menambahkan setelah tahapan administrasi nanti, dirinya bersama kedua anggotanya mewawancarai langsung calon anggota Panwaslu Kelurahan/Desa satu per satu (head to head) dengan materi wawancara yang meliputi pengetahuan kepemiluan, tugas dan kewenangan PPL, integritas, hingga pada penguasaan di wilayah kerja PPL Keluharan/Desa masing-masing.

Lebih jauh Mahmud Mustari Ketua Panwascam Botang Lomang itu berharap kepada peserta yang akan mendaftarkan diri menjadi angota PPL Kelurahan/Desa bisa mengikuti prosedur dan aturan yang berlaku sehingga tidak terjadi pelanggaran-pelanggaran menjelang pemilihan nanti. Dan dapat berpartisipasi dalam mensukseskan pesta demokrasi di Pilkada 2020. (Jul)

114 View



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *