Mewakili Gubernur, Assisten II Hadiri Peresmian Kantor Dirlantas Polda Malut

SOFIFI – Gubernur Maluku Utara (Malut) yang di wakili oleh Assisten II Setda Malut Bidang Perekonomian dan Administrasi Pembangunan, Umar Sangadji, menghadiri acara Peresmian Gedung Kantor Direktorat Lalu Lintas Polda Malut yang secara langsung diresmikan oleh Kapolda Maluku Utara, Brigjen Pol, Drs. Suroto, M.Si. yang baru saja diselesaikan pembangunannya, Senin (10/02/2020).

Gubernur, KH. Abdul Gani Kasuba, Lc dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Assisten II Setda Provinsi Malut, Drs. Umar Sangaji mengatakan bahwa, Lalu Lintas mempunyai peran strategis dalam mendukung pembangunan dan integrasi nasional, sebagai bagian dari sistem transportasi nasional yang harus dikembangkan potensi dan perannya untuk dapat mewujudkan keamanan keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas dalam rangka mendukung pelaksanaan pembangunan ekonomi dan pengembangan struktur tata ruang wilayah.

Untuk itu lanjut Gubernur, upaya pemberdayaan dan pengembangan sarana dan fasilitas di bidang lalu lintas senantiasa menjadi kewajiban pemerintah dalam mendorong pengembangan industri dalam negeri, antara lain dengan membangun sarana dan prasarana gedung perkantoran, fasilitas, insentif, dan menerapkan standar produk peralatan lalu lintas serta angkutan jalan raya.

Untuk itu, kedepan perlu diarahkan pada penanggulangan secara komprehensif yang mencakup upaya pembinaan, pencegahan, pengaturan, dan penegakan hukum. Selain itu perlakuan khusus yang diberikan Pemerintah berupa pemberian kemudahan sarana dan prasarana fisik / nonfisik yang meliputi aksebilitas, prioritas pelayanan dan fasilitas pelayanan lalu lintas.

Sementara, Kapolda Malut, Brigjen Pol, Drs. Suroto, M.Si dalam mengatakan, Pembangunan gedung yang megah ini adalah wujud kontribusi dan komitmen pemerintah terhadap Kepolisian Daerah Malut, dengan memberikan sarana dan prasarana untuk mendukung tugas pelayanan kepada masyarakat.

Untuk itu dirinya mengharapkan seluruh jajaran Direktorat Lalu Lintas harus dapat memanfaatkan fasilitas yang diberikan negara ini dengan baik. Olehnya itu, tentu ini harus dilakukan melalui kinerja yang optimal di bidang registrasi, identifikasi kendaraan bermotor guna terciptanya ketertiban dan kelancaran lalu lintas di jalan raya.

Dikatakanya, Kantor yang baru diresmikan tersebut juga dilengkapi dengan sejumlah peralatan teknologi yang moderen, yakni Regional Traffic Management Center (RTMC) bantuan dari Korlantas Mabes Polri.

“RTMC merupakan sarana komunikasi yang memberikan informasi arus lalu lintas setiap saat dibeberapa titik kerawanan, baik rawan macet, rawan pelanggaran dan rawan kecelakaan yang tersebar di 15 titik lokasi dengan 30 kamera CCTV yang tersebar di bagian Utara, Tengah dan Selatan Kota Ternate.

“Apabila di seluruh wilayah Maluku Utara sudah memiliki RTMC maka kita dapat memantau situasi lalu lintas dijalan raya yang dianggap rawan macet, rawan pelanggaran, rawan kecelakaan, rawan unjuk rasa dan rawan kriminalitas, sehingga masyarakat bisa merasa aman, nyaman, dan Tentram” tegas Kapolda. (MS)

388 View



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *